KPU Kota Sukabumi Targetkan Calon Pantarlih Rampung

Komisioner KPU Kota Sukabumi Seni Soniasih

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, sebut sampai sore hari ini (kemarin), Rabu (19/06) jumlah pendaftaran calon petugas pemutakhiran daftar pemilih (Pantarlih) atau PPDP untuk bertugas pada pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) dan Walikota – Wakil Walikota Sukabumi, sudah mencapai 80 persen.

“Alhamdulilah, pendaftaran calon Pantarlih yang telah kami monitoring hari ini sudah mencapai 80 persen yang sudah terpenuhi kuotanya. Jadi, kalau kita lihat dari link yang kita bagikan ke teman-teman PPK dan PPS tinggal 20 persen lagi yang belum terpenuhi,” ujar Komisioner KPU Kota Sukabumi, Seni Soniasih, kepada radar sukabumi, pada Rabu (19/06).

Bacaan Lainnya

Ia meyakini, kekurangan 20 persen ini bakal terpenuhi pada hari pendaftaran terahir ini sampai pukul 23.59 WIB. Pasalnya, petugas PPK dan PPS masih menerima pendaftaran juga pendataan, namun belum terupdate di linknya.

“Insya Allah, yang tinggal 20 persen itu akan terpenuhi, karena PPK dan PPS-nya masih menerima pendaftaran, pendataan pantarlih. jadi belum update di link yang kita bagikan,” ungkap Seni.

Seni menyebut, selama proses pendaftaran tidak ada kendala yang krusial, hanya dalam segi teknis saja, seperti ijasah pendaftar yang belum diambil dari sekolahnya. Namun hal itu bisa ditangani dengan menggunakan surat pernyataan dari sekolah.

“Kendalanya hanya bersifat tekhnis ya seperti ijazah yang belum bisa digunakan, karena masih tertahan di sekolah. Tapi itu bisa menggunakan surat pernyataan dari sekolah yang menerangkan bahwa bersangkutan itu lulus dari sekolah,” jelasnya.

Selain itu, kendala lainnya yaitu peserta yang memiliki handphone tetapi tidak memenuhi standar pengoperasian aplikasi. “Tapi, jika selama (androidnya) bisa mendownload aplikasinya itu bisa digunakan. Artinya, tidak ditentukan spesipikasinya,” bebernya.

Seni kembali menegaskan target pendaftaran pantarlih yang kekurangan 20 persen sisanya akan terpenuhi hari ini. Adapun jumlah yang sudah mendaftar dan terdata sampai saat ini yaitu 858 orang.

“Mudah mudahan para calon Pantarlih ini bisa bekerjasama dengan baik sebagiaman penyelenggara tingkat TPS (tempat pemungutan suara) untuk bisa mendata pemilih di setiap TPS-nya masing-masing dan menjaga integritasnya sebagai bagian penyelenggara,” tandasnya. (ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *