Pancasila Ideologi Terbaik Warisan Founding Fathers

  • Whatsapp

JAKARTA— Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Mohammad Mahfud MD melakukan Safari Pancasila di Victoria-Australia 27 November-1 Desember. Mahfud mengisi berbagai seminar dan bertemu dengan sejumlah elemen di negeri Kangguru itu.

Salah satunya mengisi kuliah umum pada acara Pekan Pancasila di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), Melbourne, Australia Rabu (27/11/2018) petang.

Di depan diaspora Indonesia di Australia dan sejumlah perwakilan negara bagian Victoria, Mahfud menyebut, Pancasila sebagai ideologi negara, merupakan produk kesepakatan pendiri bangsa alias founding fathers Indonesia yang bermutu tinggi.

Pancasila adalah resultante dari berbagai ide bernegara yang semula saling bertentangan menjadi menyatu dalam titik temu yang logis dan harmonis.

“Sebagai contoh, jalan tengah prismatik dari pertentangan antara negara agama dan negara sekuler, menjadi konsep negara kebangsaan yang berketuhanan,” kata Mahfud di Australia.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013 ini meminta diaspora Indonesia menjaga jatidiri ke-Indonesiaannya dengan pendidikan Pancasila agar tidak digerus oleh arus globalisasi dan tidak mudah terpengaruh dengan munculnya ideologi lain yang sengaja ditawarkan oleh sekelompok kecil masyarakat Indonesia untuk mengganti Pancasila.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *