DKP3 Tebar 200 Ribu Benih Ikan

WARUDOYONG– Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi menebar 200 ribu benih ikan secara cuma-cuma di sungai dan selokan. Tebar benih yang rutin dilakukan setiap tahun ini, merupakan salah satu bentuk menjaga ekosistem dan lingkungan sungai di Kota Sukabumi.

Kepada Radar Sukabumi, Kepala Bidang Perikanan DKP3 Kota Sukabumi, Budi Buntaran menjelaskan, pelepasan benih ikan unggulan ini telah menjadi rutinitasnya dalam setiap tahun sebagai bentuk menjaga kelestarian sungai.

Bacaan Lainnya

“Setiap tahun kami lakukan, kali ini sekitar 200 ribu benih ikan disebar di lima kecamatan tujuh kelurahan, hal ini kami terus lakukan untuk menjaga ekosistem ikan disungai,” jelasnya Kepada Radar Sukabumi saat ditemui diruang kerjanya, kemarin (29/11).

Adapun jenis benih ikan yang disebar, sebut Budi, yakni tawes, lalawak, nilem dan nila hasil produksi Balai Benih Ikan (BBI) DKP3 yang berlokasi di Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong. Selain itu, BBI ini juga mengirim berbagai benih ikan ke berbagai daerah.

“Benih yang disebar ini merupakan benih unggulan yang di produksi BBI, semoga saja benih ikan yang disebar dapat bermanfat, terutama bagi lingkungan sungai di Kota Sukabumi,” imbuhnya.

Lebih jauh Budi menjelaskan, target produksi benih ikan di tahun ini mencapai 1,5 juta ekor benih. Dirinya juga mengklaim, setiap tahunnya target yang dipatok itu selalu melebihi target, karena memang fasilitas, kaulitas air dan sebagainya cukup mendukungnya.

Pos terkait