Panas Isu Reshuffle, Menhan Prabowo Mendadak ke Istana

Prabowo Subianto Mendadak ke Istana
Prabowo Subianto Mendadak ke Istana di Tengah Isu Panas Reshuffle Kabinet--Instagram/@prabowo

JAKARTA — Bersamaan dengan isu reshuffle yang mulai menguat, Menteri Pertahanan (Menhan) mendadak kunjungi Istana Negara, pada 14 Juni 2022. Selain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto juga turut mendatangi Istana Kepresidenan.

Kendati begitu, Hadi mengaku belum tahu soal kemungkinan adanya rotasi di tubuh Kabinet Indonesia Maju. Ia juga mengaku sedang berolahraga ketika dipanggil untuk datang ke Istana sehingga tidak ada persiapa apa pun

Bacaan Lainnya

Rumornya, reshuffle kabinet Indonesia Maju itu akan dilakukan pada esok hari, 15 Juni 2022. Kabar reshuffle berhembus lantaran ada sejumlah menteri yang mulai kasak-kusuk melakukan manuver politik menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Bahkan ada yang terang-terangan hadir dalam acara-acara seremoni ringan yang dilangsungkan sejulah partai. Salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir yang bertandang ke markas PAN belum lama ini.

Selain Erick Thohir, kabar lain ada beberapa sosok yang sudah merapat ke Jokowi untuk meminta izin. Mereka di antaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Ketua Umum Partai Golkar ini sudah menggaungkan pencalonan dirinya dan disambut baik oleh kader partai berlambang beringin di pusat dan daerah. Menariknya lagi, Airlangga Hartarto menggawangi terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN dan PPP.

Koalisi ini tidak bisa dianggap remeh, karena kekuatan basis masa dan finasial cukup memadai. Koalisi ini campuran dari nasionalis dan kultur agama.

Selanjutnya ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Jelas Prabowo adalah orang paling penting di Partai Gerindra. Sosok ketua umum yang melekat sejak Gerindra berdiri sampai saat ini, telah membentuk ketokohannya.

Prabowo pun makin paham dengan tata pemerintahan setelah bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju. Kedekatan Prabowo dengan Jokowi pun tak bisa diragukan lagi. Ada historis yang melekat dari keduanya, meski berseberangan di Pilpres 2014 dan 2019.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan