Koalisi Nasdem, PKS, dan Demokrat Usung Anies Makin Besar

Presiden PKS Ahmad Syaikhu
KOALISI. Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum NasDem Surya Paloh, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan politikus senior Golkar Jusuf Kalla di acara pernikahan anak Anggota DPR dari Fraksi Nasdem Sugeng Prawoto di Jakarta, Minggu (18/9) malam. (Istimewa)

JAKARTA – Partai Nasdem dan PKS sampai saat ini belum menentukan calon presidennya untuk 2014. Meskipun partai Demokrat, pada saat rapimnas-nya kemarin secara tegas menyatakan akan berjuang untuk terus mengusung Ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun, ketiga partai itu pun memiliki kesamaan yakni dekat dengan Anies Baswedan.

Apalagi, diketahui elektabilitas Anies Baswedan dalam beberapa bulan terakhir disebut-sebut meningkat dari 16,3 persen menjadi 17,7 persen. Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Trust Indonesia Azhari Ardinal mengatakan, hal tersebut dipertegas dengan adanya pertemuan-pertemuan formal dan informal ketiga partai politik tersebut.

Bacaan Lainnya

“Padahal jika dilihat ketiga partai politik tersebut memiliki background dan ideologi politik yang berbeda,” kata Azhari kepada wartawan, Kamis (22/9).

Bahkan, Azhari juga mengatakan, Nasdem adalah partai koalisi pemerintah (Dependen), sedangkan Demokrat dan PKS adalah partai oposisi pemerintah (Independen). “Dengan dukungan calon presiden kepada Anies Baswedan maka NaDeSe menjadi satu-satunya Partai Politik Interdependen (bekerjasama) yang terdiri dari partai politik koalisi dan partai politik oposisi,” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.