POLITIK

Jika Direstui, Karding Berpeluang Tumbangkan Cak Imin

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Kekuasaan dalam hal ini kepala negara masih dominan sebagai penentu keterpilihan sosok ketua umum pada partai politik di tanah air. Tidak terkecuali Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PKB akan menggelar Muktamar di Bali pada 20-22 Agustus 2019 untuk memilih ketua umum periode 2019-2024.

Hingga saat ini, baru petahana Muhaimin Iskandar yang digadang-gadang sebagai calon kuat ketum. Cak Imin sapaan akrab wakil ketua MPR itu disebut-sebut akan kembali terpilih aklamasi. Adapun mantan Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding sudah mulai meredup. Awalnya, seperti informasi yang beredar, Karding dan kolega sempat membuat gerakan-gerakan untuk bersaing di forum Muktamar melawan Cak Imin.

Sayang, Cak Imin mencium gerakan konsolidasi Karding dkk tersebut, dan membuat Karding dicopot dari jabatan sekjen. Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan, kalau Karding dkk dapat restu dari Istana seperti isu yang beredar, mereka berpeluang mengalahkan Cak Imin yang membangun oligarki di tubuh PKB. “Rumusnya itu, dapat restu RI 1,” ucap Ujang saat dihubungi Kantor Berita RMOL (grup koran ini), Senin (12/8).

Masalahnya, lanjut dia, hubungan Cak Imin dengan Presiden Joko Widodo terlihat baik-baik saja. Apalagi, Cak Imin terbukti bisa menaikkan suara PKB dan memenangkan Jokowi-Maruf pada Pemilu 2019. “Saya kira ketumnya tetap Cak Imin, kecuali itu tadi, Karding dapat restu dari RI 1,” demikian Ujang.

 

(rmol)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button