Hasil Survei : 6 Partai ini Dipastikan Lolos ke Senayan, PPP Hingga PAN Terancam

Hasil survei terbaru Populi Center menunjukkan hanya enam partai politik
ILSUTRASI. Hasil survei terbaru Populi Center menunjukkan hanya enam partai politik yang dipastikan lolos ke Senayan atau yang lolos parliamentary threshold (ambang batas parlemen) 4 persen pada Pemilu 2024. (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

JAKARTA -– Hasil survei terbaru Populi Center menunjukkan hanya enam partai politik yang dipastikan lolos ke Senayan atau yang lolos parliamentary threshold (ambang batas parlemen) 4 persen pada Pemilu 2024. Sementara, partai lain harus berjuang untuk lolos ke Senayan, di antaranya PPP, Partai Nasdem dan PAN.

“Ada enam partai yang lolos ke parlemen, tidak ada perubahan dari survei sebelumnya (November 2019 dan Oktober 2020),” kata peneliti Populi Center, Rafif Pamenang Imawan dalam rilis hasil survei nasional secara daring, Minggu (24/4).

Bacaan Lainnya

Keenam parpol yang memiliki elektabilitas di atas ambang batas parlemen 4 persen di antaranya PDI Perjuangan 19,3 persen, kemudian Gerindra 11,6 persen, Golkar 11,3 persen, PKB 6,8 persen, Demokrat 6,7 persen, dan PKS 5,1 persen.

Dalam hasil survei ini, lanjut Rafif, sejumlah partai mendapatkan angka elektabilitas di bawah 4 persen termasuk tiga partai yang berada di Senayan saat ini, yakni PPP dengan elektabilitas 3,5 persen, disusul Nasdem 3,1 persen dan PAN 2,5 persen. Namun tiga partai tersebut masih tinggi untuk lolos ke Senayan. Termasuk, peluang Perindo yang elektabilitasnya saat ini 1,3 persen.

“PPP, Nasdem, PAN, dan Perindo meskipun pada survei kali ini mendapatkan dukungan di bawah empat persen, masih tetap berpeluang untuk mendapatkan kursi di parlemen nasional mengingat masih terdapat cukup waktu untuk melakukan konsolidasi dukungan,” papar Rafif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.