Home / POLITIK

Tuesday, 19 February 2019 - 09:25 WIB

DPT Sukabumi Masih Berubah

MEMFASILITASI PEMILIH: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi saat melakukan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tambahan (DPTb) Pemilu 2019 di salah satu hotel di Kota Sukabumi, Minggu (17/2). Foto:ist

MEMFASILITASI PEMILIH: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi saat melakukan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tambahan (DPTb) Pemilu 2019 di salah satu hotel di Kota Sukabumi, Minggu (17/2). Foto:ist

SUKABUMI— Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di Kota dan Kabupaten Sukabumi masih terus berubah, hal tersebut dikarenakan adanya yang masuk dan keluar dari Sukabumi. Seperti yang terjadi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi yang sudah menetapkan jumlah pemilih tambahan (DPTb) pada Pemilu 2019.

Berdasarkan data dari KPU Kota Sukabumi, jumlah pemilih yang masuk ke KPU Kota Sukabumi sebanyak 432 orang sedangkan jumlah pemilih keluar itu ada 302 orang, dengan begitu . “Ya, kemarin kita sudah melakukan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tambahan (DPTb) Pemilu 2019. Ada pemilih yang masuk dan juga keluar,”ujar Ketua KPU Kota Sukabumi, Sri Utami, (18/2) kemarin.

Dijelaskan Tami, pemilih masuk itu yakni pemilih yang berasal dari luar Kota Sukabumi ataupun pindah daerah pemilihan. Sedangkan untuk pemiluh luar, lanjut Tami pemilih yang melakukan pencoblosan di luar Kota Sukabumi. “Penyebab Pemilih tambahan itu kan ada 9 syarat, salah satu diantaranya, mereka kebetulan sedang lagi pendidikan diluar kota, tugas belajar seperti kuliah, rehabilitasi narkoba, panti jompo dan lainnya,” jelasnya.

Untuk pemilih tambahan ini kata Tami masih terus bisa terjadi sampai dengan H-30. Untuk data pemilih tambahan sampai 17 Februari itu merupakan tahapan pertama. “Nah hasilnya kita plenokan, nanti kita sambung lagi, kita lakukan pendataan kembali. Namanya pemilih keluar dan masuk itu kan dinamis,” katanya.

Mekanismenya tetap sama , nanti masyarakat yang akan melakukan pindah memilih bisa menghubungi Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di tingkat kecamatan dan juga ke KPU Kota Sukabumi. ” Bukan hanya masyarakat yang pro aktif, kita juga sudah membuat posko-posko agar masyarakat bisa datang mengurus pindah pemilih,” terangnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tambahan (DPTB) tahap I untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 jumlah pemilih di Kabupaten Sukabumi, dipastikan bertambah.

Share :

Baca Juga

POLITIK

Konfercab PDIP Sempat Diwarnai Aksi Protes

Politik Kabupaten Sukabumi

Baldatun Luncurkan Program Beasiswa Khusus

MULIA

Ormas JLJB Mantapkan Dukungan Pada Mulia

Politik Kabupaten Sukabumi

Bawaslu Minta Parpol Segera Laporkan Data Saksi

PILPRES

Capres-Cawapres Tidak Boleh Kampanye Di Masjid!

PILPRES

Jokowi-Ma’ruf Amin Daftar ke KPU, Pemilu 2019 Sebagai Perayaan Kegembiraan

POLITIK

Tak Mau Dikekang, Mundur Sebagai PNS

BERITA UTAMA

Anjak-Slamet Berebut Tiket PKS