Bawaslu Sukabumi Pelototi Rekapitulasi Suara

PENGAWASAN :  Personel Bawaslu Kota Sukabumi, memantau langsung pelaksanaan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024
PENGAWASAN :  Personel Bawaslu Kota Sukabumi, memantau langsung pelaksanaan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024

SUKABUMI — Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kota dan Kabupaten Sukabumi, menekankan agar pelaksanaan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 serentak sesuai dengan ketentuan perundang undangan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Faisal Rifa’i mengaku telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan akan terus memonitoring pelaksanaan perhitungan perolehan suara atau rapat pleno di setiap kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Kami tentunya sudah melakukan koordinasi dengan KPU agar pelaksanaan rekapitulasi suara di tingkat PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan) sesuai ketentuan perundang undangan. Termasuk Panwaslu Kecamatan di setiap wilayah untuk terus memonitor agar tidak terjadi pelanggaran pemilu,” ucap Faisal kepada radar sukabumi, Senin (19/24).

Dirinya menegaskan, sejauh ini pemantauan di lapangan belum ditemukan ada pelanggan yang signifikan. Sebab, untuk di Kabupaten Sukabumi baru dua hari ini dan beberapa kecamatan.

“Selama proses rekapitulasi suara tidak ada pelanggaran yang signifikan. Termasuk juga laporan Panwaslu Kecamatan serta aduan dari masyarakat belum ada,” tegasnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh peserta pemilu, baik partai politik, relawan, simpatisan, caleg, maupun seluruh lapisan masyarakat agar menunggu hasil jumlah perhitungan suara pemilu secara resmi.

“Mohon untuk bersabar dan menunggu hasil jumlah penghitungan suara pemilu secara resmi, setelah penetapan rekapiltulasi suara secara berjenjang di tingkat PPK dan KPU Kabupaten Sukabumi. Hal ini agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan,” ujar Faisal.

Sementara itu, Bawaslu Kota Sukabumi belum dapat memberikan keterangan apapun terkait pengawasan rekapitulasi suara. Baik di chat via whatsapp maupun telpon sulit dihubungi.

Seperti diketahui hari ini, Senin 19 Februari 2024 Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota dan Kabupaten Sukabumi, melaksanakan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 secara serentak.

Estimasi waktu pelaksanaan rekapitulasi tergantung jumlah TPS (tempat pemungutan suara) TPS masing masing kecamatan. Ada yang 3 sampai 8 hari. (ris/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *