Usulan Akreditasi PT Bisa Secara Daring

PAPARKAN PROGRAM: Menristekdikti Mohamad Nasir menjawab pertanyaan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta.

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah membuka layanan usulan akreditasi secara daring. Layanan ini merupakan inovasi yang sangat dibutuhkan perguruan tinggi, dan sesuai dengan tuntutan Revolusi Industri 4.0.

“Saat melakukan akreditasi (perguruan tinggi), selalu menyerahkan borang dan mengeluarkan cost yang sangat mahal,” ungkap Menristekdikti Mohamad Nasir di Jakarta.Sebelum menggunakan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO), perguruan tinggi di luar Jawa mengalami beban lebih besar saat mengusulkan akreditasi, terutama dari wilayah yang terjauh, seperti Papua.

Bacaan Lainnya

“Kalau ini dari Sumatera Utara, datang ke Jakarta hanya sekadar menyerahkan borang dan tidak satu orang lagi, bisa dua orang bisa tiga orang. Katakan satu orang costnya Rp5 juta, berarti tiga orang Rp15 juta.

 

Kalau ambil dari Timur, dari Papua. Satu orang bisa Rp10 juta, bisa Rp30 juta, hanya sekadar menyerahkan borang,” ungkap Menteri Nasir yang dulu pernah juga menjadi asesor akreditasi BAN-PT.Dia memberi apresiasi kepada BAN-PT yang sudah sanggup mengubah seluruh proses usulan akreditasi secara online.

 

(esy/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *