Universitas Nusa Putra Kembangkan Riset

  • Whatsapp
Mahasiswa dan dosen Universitas Nusa Putra Sukabumi saat mengikuti konferensi ICCED di Singapura.

SUKABUMI – Sebagai salah satu universitas terkemuka di Sukabumi, Universitas Nusa Putra punya tanggung jawab menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ilmiah sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas riset khususnya di bidang ekonomi, manajemen dan akuntansi.

Kualitas riset yang baik harus berjalan bersamaan dengan publikasi, agar dapat memberikan manfaat. Untuk itu, sebagai salah satu pemenuhan tanggung jawab tersebut Program Studi (Prodi) Manajemen dan Prodi Akuntansi Universitas Nusa Putra dalam waktu dekat ini akan menyelenggarakan konferensi internasional pertamanya di 2020 yaitu “International Conference on Economics, Management, and Accounting (ICEMAC 2020)”.

Bacaan Lainnya

Nantinya konferensi internasional tersebut akan menjadi kegiatan tahunan yang dapat diikuti oleh seluruh akademisi di Indonesia dan akademisi di luar negeri.

Konferensi Internasional (ICEMAC 2020) akan digelar pada 19 Desember 2020 di Gedung B Universitas Nusa Putra Sukabumi yang diselenggarakan secara virtual (daring) melalui Zoom Meeting. Untuk batas waktu penyerahan paper bagi para calon presenter dalam Konferensi Internasional (ICEMAC 2020) yaitu 1 Desember 2020, dan untuk partisipan konferensi internasional terbuka untuk umum secara gratis.

Untuk info lebih lanjut mengenai pendaftaran presenter dan partisipan dapat di akses pada website ICEMAC : https://icemac.nusaputra.ac.id. Dalam Konferensi Internasional (ICEMAC 2020) akan dihadiri oleh beberapa ahli ekonomi, manajemen dan akuntansi selaku keynote speaker antara lain Assoc. Prof. Ersa Tri Wahyuni,(Financial Accounting Standards Board); Nguyen Phuc Canh (University of Economics Ho Chi Minh City); Prof. Dony Dahana Wirawan (Osaka University); Kilala Tilaar (CEO Martha Tilaar Group).

Rektor Universitas Nusa Putra Sukabumi Kurniawan mengatakan, konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi Universitas Nusa Putra Sukabumi menjadi momentum kerja sama dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian.

Dengan menggaet beberapa universitas dalam dan luar negeri, diharapkan nantinya para akademisi dari dalam negeri dan luar negeri dapat berkolaborasi dalam riset khususnya dalam bidang ekonomi, manajemen dan akuntansi.

“Konferensi internasional ICEMAC 2020 merupakan bagian dari visi Universitas Nusa Putra Sukabumi dalam mencapai World Class University,” ujar Rektor Universitas Nusa Putra Sukabumi, Kurniawan kepada Radar Sukabumi, Senin (9/11).

Dijelaskan Kurniawan, Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi Universitas Nusa Putra Sukabumi, sebagai panitia dan penyelenggara konferensi internasional memiliki tujuan khusus dalam kegiatan ini yaitu agar minat menulis karya ilmiah bagi seluruh mahasiswa Universitas Nusa Putra dapat disalurkan di kegiatan konferensi internasional ini.

“Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi Universitas Nusa Putra Sukabumi sebagai panitia penyelenggaran konferensi internasional sangat serius dalam menyelenggarakan konferensi internasional ini, mengingat konferensi yang bertajuk Improving Innovation And Competitiveness In The Pandemic Era Through Economics, Management and Accounting Research ini pertama kalinya atau perdana diselenggarakan di tahun 2020,” terangnya.

Kurniawan berharap, penyelenggaraan konferensi internasional ICEMAC 2020 akan menghasilkan output yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan khususnya pelaku bisnis dan akademisi dalam mengembangkan riset di masa pandemi Covid-19.

“Di masa pandemi Covid-19 ini kegiatan perekonomian di Indonesia terkena dampak negatif. Hal ini menjadi landasan penyelenggaraan Konferensi Internasional ICEMAC 2020 dalam kaitannya dengan kondisi perekonomian Indonesia yang hampir pasti mengalami resesi.

Sehingga diharapkan konferensi internasional ini menjadi wadah untuk meningkatkan riset internasional di bidang ekonomi, manajemen dan akuntansi serta menjadi solusi alternatif bagi pelaku usaha agar dapat beradaptasi dalam masa pandemi serta mampu melanjutkan kegiatan bisnisnya,” ucapnya.

Selain itu, konferensi Internasional ICEMAC 2020 juga menjadi ajang perhelatan kegiatan ilmiah pertama di bidang ekonomi, manajemen dan akuntansi di lingkungan kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi yang diselenggarakan secara online.

“Konferensi Internasional ICEMAC 2020 juga menjadi pertemuan antara akademisi dan juga dosen serta para ahli dalam bidang ekonomi, manajemen dan akuntansi, diharapkan pertemuan dalam kegiatan konferensi Internasional ICEMAC 2020 ini peserta dapat berdiskusi ilmiah dengan para ahli dan meningkatkan keterampilan dalam menulis karya ilmiah,” tuturnya.

Dikatakan Kurniawan, hasil Konferensi Internasional ICEMAC 2020 akan diterbitkan atau di publikasikan pada jurnal ilmiah nasional dan internasional yang akan terindeks global. Untuk jurnal ilmiah nasional ICEMAC 2020 telah bekerja sama dengan Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (Rekomen), Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen (Bisnisman) dan Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan (Aktiva) sedangkan untuk Jurnal Internasional ICEMAC 2020 juga telah bekerja sama dengan Australian Journal of Business & Management Research (AJBMR) dan International Journal of Economics, Management and Accounting (IJMAC).

Sementara itu, Presiden ICEMAC 2020 Yusuf Iskandar menyampaikan, kegiatan konferensi internasional ini sebagai ajang pertemuan ilmiah antara akademisi, praktisi, mahasiswa dan unsur stekholder terkait dalam rangka peningkatan inovasi dan daya saing terutama dalam menghadapi masa pandemi seperti sekarang ini.

“Berbagai kesempatan dan tantangan muncul sekaligus dari situasi pandemic yang mengharuskan stekholders terkait mampu berkolaborasi dan adaptif, sehingga dapat meningkatkan kinerja yang lebih baik,” ujar Yusuf.

Nantinya kegiatan ini akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pagi hari dan sesi siang di mana para pembicara akan memberikan ceramah ilmiah sesuai dengan bidang keahlian masing-masing pada sesi pagi dan sesi siang yang kemudian dilanjutkan dengan sesi parallel dimana presenter konferensi internasional ICEMAC 2020 akan mempresentasikan paper, mengingat dalam pelaksanaan konferensi internasional ini dilakukan satu hari penuh.

Lebih lanjut Yusuf Iskandar menyampaikan, Scope bidang Keilmuan yang akan di presentasikan dalam konferensi internasional ini yaitu Economics , Developmental Economics, Sharia Economics, Planning Economics, Monetary Economics, Industrial Economics, Management, Strategic Management, Financial Management Marketing, Human Resource Management, Operations Management, Change Management and InnovationEntrepreneurship, Accounting Finance and Investment, Management Accounting Auditing, Public Sector Accounting, Taxation, Sharia Accounting dan Accounting Information System. (wdy)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *