Melangkah ke Nasional, Mahasiswa UNP Wakili Jabar- Banten dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2021

  • Whatsapp
Taufik Nusa Putra
mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Universitas Nusa Putra (UNP) Taufik

SUKABUMI – Kabar menggembirakan datang dari Taufik Rahman, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Universitas Nusa Putra (UNP). Taufik mewakili Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Banten di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2021.

Berdasarkan hasil seleksi Pilmapres Tingkat Wilayah Jabar-Banten yang digelar oleh LLDIKTI IV Bandung pada 28 Juli 2021, Taufik berhasil memperoleh nilai total 338,8. Nilai itu merupakan gabungan dari nilai capaian unggulan prestasi mahasiswa yang diperoleh selama menjalani kuliah di Nusa Putra, dan gagasan kreatif yang diajukan. Dengan raihan itu, Taufik dipastikan lolos ke babak seleksi tingkat nasional Pilmapres 2021.

Bacaan Lainnya
Dosen Pembimbing Pilmapres Nusa Putra, Mukhlis Ali.

Dosen Pembimbing Pilmapres Nusa Putra, Mukhlis Ali menyampaikan bahwa untuk persiapan menghadapi seleksi tingkat nasional di bulan Agustus mendatang, ia dan tim sedang melakukan persiapan dan latihan khusus untuk Taufik Rahman.

Persiapan ini ditujukan agar Taufik lebih siap dalam menghadapi seleksi nasional, dan diharapkan dapat berprestasi lebih baik sehingga dapat maju ke babak final Pilmapres 2021.

“Untuk persiapan tersebut dosen pembimbing dibantu oleh tim dari Nusa Putra Language Center, CSAS Prodi Teknik Mesin, dan tim teknis dari Kemahasiswaan Universitas Nusa Putra, “terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Muhamad Muslih ketika diwawancarai di kantornya mengungkapkan bahwa pimpinan UNP memberikan ruang dan kesempatan bagi seluruh mahasiswa untuk mengembangkan minat bakat melalui program -program pengembangan talenta mahasiswa baik dari pembinaan, UKM, himpunan mahasiswa, senat mahasiswa serta program kompetisi tingkat universitas yang selalu dilakukan untuk menjaring mahasiswa-mahasiswa potensial dan bertalenta yang kemudian akan diberikan bimbingan dan pembinaan oleh para dosen pembimbing agar kemampuannya terus berkembang dengan baik.

Hal ini terbukti dengan Taufik yang lolos pada tahapan seleksi Pilmapres tingkat universitas, bersaing ketat dengan perwakilan 12 prodi di lingkungan UNP.

“Kemudian kami berikan bimbingan oleh para dosen agar Taufik maksimal untuk mengikuti seleksi tingkat wilayah LLDKTI 4 Jabar dan Banten dengan upaya pembinaan maksimal dan semangat yang tinggi, Alhamdulillah Taufik dapat lolos seleksi ke tingkat nasional mewakili Jabar dan Banten,” imbuhnya.

Menurutnya, saat ini pembinaan lain terus dilakukan baik kegiatan nasional mapun  internasional yaitu pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI), Kompetisi Bisnis Manajemen Keuangan (KBMK), Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) di tingkat nasional serta International Conference on Computing, Engineering, and Design (ICCED) 2021 di tingkat internasional. Di mana pada kegiatan ini banyak mahasiswa yang  menjadi peserta, dan akan tampil menjadi presenter untuk menyampaikan paper-paper terbaiknya di kancah internasional, dan berkesempatan meraih Best Paper atau Best Poster.

Tak lupa Muslih mewakili pimpinan Universitas Nusa Putra mengucapkan selamat dan penghargaan kepada Taufik Rahman selaku Genusian yang berprestasi, semoga pada seleksi tingkat nasional diberikan kelancaran dan mendapatkan raihan hasil yang maksimal.

Selain itu ia mengajak semua Genusian untuk juga ikut aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan kemahasiswaan baik di tingkat universitas, nasional, maupun internasional. Agar semua mahasiswa Nusa Putra dapat mendapatkan kesempatan untuk berprestasi dan bersama mewujudkan slogan Universitas Nusa Putra yaitu Little Step for Wide Vision. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *