Kuliah Umum di Universitas Nusa Putra, Prof. Uman Beberkan Kolaborasi Riset Dosen dan Mahasiswa Kunci Universitas Kelas Dunia

Universitas Nusa Putra
STUDIUM GENERALE: Civitas akademika Universitas Nusa Putra foto bersama dengan Guru Besar UPI, Prof. Uman Suherman. (Insert) Prof. Uman Suherman saat memberikan kuliah umum di Auditorum Universitas Nusa Putra, Kamis (9/6/2022).

SUKABUMI – Prof. Uman Suherman menilai, peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa terutama di bidang riset merupakan salah satu cara Universitas Nusa Putra (UNP) menuju universitas kelas dunia (World Class University/WCU). Hal itu diungkapkan Prof. Uman pada acara Studium Generale yang digelar di Auditorium Universitas Nusa Putra (UNP), Kamis (9/6/2022).

Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) itu membawakan materi dengan tajuk Peningkatan Kolaborasi Riset Dosen dan Mahasiswa menuju World Class University. Dalam ceramahnya, Prof. Uman mengapresiasi UNP yang sejak awal pendiriannya fokus dalam peningkatan kualitas riset.

Bacaan Lainnya

“Saya yakin Nusa Putra sejak awal konsisten meningkatkan kualitas riset, ini menjadi salah satu keunggulan dan modal yang luar biasa untuk menjadi universitas kelas dunia,” ungkap Prof. Uman melalui keterangan resminya kepada Radar Sukabumi, Jumat (10/6).

Lebih lanjut Prof. Uman menjelaskan bahwa dengan banyaknya program-program internasional dan mahasiswa internasional di Nusa Putra, harus dijadikan sebagai kebanggaan bukan saja oleh civitas akademika Nusa Putra, tetapi juga oleh warga Sukabumi serta Jawa Barat (Jabar) pada umumnya. Karena menurutnya, selain akan membuka wawasan tentang dunia, program internasionalisasi di Nusa Putra juga bisa dijadikan sebagai ajang kolaborasi riset tingkat Internasional.

“Dosen dan mahasiswa Nusa Putra serta warga Sukabumi khususnya, umumnya Jawa Barat bisa bertukar wawasan serta bersama-sama melakukan riset tentang hal-hal terbaru yang dibutuhkan masyarakat dunia,” ujarnya.

Selain untuk meneguhkan posisi sebagai World Class University, penguatan pada riset dosen dan mahasiswa pada gilirannya akan berdampak pada lulusan Nusa Putra yang mampu menganalisis dan memecahkan masalah di tengah-tengah masyarakat, sehingga lanjut Prof. Uman, lulusan Nusa Putra yang berasal dari berbagai daerah bahkan negara itu nantinya akan kembali dan membangun daerahnya sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing.

Kuliah umum yang juga dihadiri jajaran rektorat, para dosen dan mahasiswa Nusa Putra tersebut terpantau sangat hidup. Gaya khas Prof. Uman dalam menyampaikan materi dan menjawab pertanyaan peserta makin membuat suasana makin hidup.

Salman Alfariji, salah satu mahasiswa yang menjadi peserta Studium Generale ini mengaku mendapat ilmu dan wawasan yang sangat bermanfaat usai mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, apa yang disampaikan Prof. Uman sangatlah penting terutama baginya dan mahasiswa Nusa Putra yang memang selama ini telah terbiasa melakukan riset berkolaborasi dengan dosen-dosen di prodi masing-masing.

“Sangat menarik, seru dan betul-betul membuka wawasan kami tentang pentingnya riset. Selain itu, kami juga disadarkan dengan sejumlah keunggulan Nusa Putra yang bisa kami elaborasi untuk menunjang pengembangan riset,” katanya.(*/wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan