UNIVERSITAS NUSA PUTRA

KMM Jabar Adakan Pengabdian Masyarakat di Desa Sagaranten Kabupaten Sukabumi

RADARSUKABUMI.com – Sejumlah mahasiswa mesin dari berbagai perguruan tinggi se-Jawa Barat yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Mesin Jawa Barat (KMM Jabar) berkumpul di Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Jumat (24/1) lalu. Esok harinya Sabtu (25/1), mereka bertolak ke Desa Sagaranten, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi.

Di Desa Sagaranten, KKM Jabar melakukan dua kegiatan pengabdian masyarakat sekaligus, yaitu peresmian taman bacaan dan pengenalan Teknologi Tepat Guna (TTG) Hidram. Hidram adalah teknologi pompa air yang tidak menggunakan energi listrik melainkan menggunakan tekanan air itu sendiri.

Sebanyak 250 judul buku di hibahkan KKM Jabar kepada salah satu PAUD BKB di Desa Sagaranten untuk taman bacaan. Selanjutnya, setelah dilakukan uji coba terhadap TTG Hidram, kemudian KKM Jabar menghibahkan alat tersebut kepada Pemerintah Desa Sagaranten untuk dimanfaatkan.

Hadir dalam kegiatan ini, Dari Kecamatan Sagaranten, Perwakila Polsek Sagaranten, Pemerintah Desa Sagaranten, BUMDes Sagaranten, Ketua Prodi Teknik Mesin dan staf Warek III Universitas Nusa Putra.

Ketua KKM Jabar, Muhammad Badru Zaman mengatakan tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk mengiplementasikan segala sesuatu yang didapatkan di PT kepada masyarakat, khususnya di bidang penerapan teknik mesin dan dan pendidikan.

“Ada 70 mahasiswa anggota KKM Jabar yang ikut kegiatan pengabdian masyarakat ini. Semoga segala sesuatunya bermanfaat bagi Desa Sagaranten dan menjadi langkah awal yang baik untuk KKM Jabar kedepannya,” kata Badru kepada Radarsukabumi belum lama ni.

Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Nusa Putra ini menambahkan, pesan yang ingin disampaikan dari kegiatan pengabdian ini agar kita semua lebih memperhatikan lingkungan sekitar dimana kita tinggal dan beraktivitas.

“Coba tengok yang dekat dulu, itu pesannya. Mahasiswa harus sadar bahwa di sekitar kita pun masih banyak yg membutuhkan,” ujar Badru

Ditambahkan oleh Ketua Pelaksana pengabdian, Taufik Rahman, “Kita bisa membantu masyarakat disini, khusus dalam hal mengatasi permasalahan penyediaan air dan juga taman baca untuk memperhatikan pendidikan” kata Taufik.

Sebagai pelaksana kegiatan, Taufik merasa senang, karena kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh stake holder yang di undang dengan antusias. Ia pun berharap kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh KKM Jabar berikutnya bisa lebih dari sekarang.

“Insya Allah ini bukan yang terakhir,” tandasnya.

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button