Hadirkan Teknologi Tepat Guna, Tim PKM Universitas Nusa Putra Rancang Penjernih Air Portabel

  • Whatsapp
Tim PKM-M Universitas Nusa Putra, dari kiri ke kanan: Fadjar (Ketua), Taufik, Septiana, dan Raida (Anggota), Mukhlis Ali, M.T. (dosen pembimbing)

BERAWAL Dari keprihatinan atas kondisi air sungai yang digunakan sebagai air baku untuk kegiatan MCK masyarakat di Desa Prianganjaya, Sukalarang, tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Nusa Putra menghadirkan solusi berupa sistem penjernih air portabel yang dapat dibuat dan dimanfaatkan masyarakat secara mandiri.

Tim PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang beranggotakan mahasiswa dari Prodi Teknik Mesin dan PGSD yaitu Mochamad Fadjar Al-Fiqri, Taufik Rahman, Septiana Putri Juariyah, dan Raida Namira Aulia berhasil mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk merancang teknologi tepat guna tersebut.

Bacaan Lainnya

Fadjar, mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2017, selaku Ketua Tim, menyampaikan bahwa sistem penjernih air portabel ini dibuat dari bahan-bahan yang mudah dan murah didapatkan oleh masyarakat, seperti galon air mineral, sabut kelapa, busa, dan pasir silika.

Hal ini bertujuan agar masyarakat mudah membuat dan menggunakan sistem penjernih air tersebut secara mandiri. Septiana, mahasiswi PGSD angkatan 2018, menambahkan bahwa adanya sistem penjernih air portabel ini haruslah diimbangi dengan kesadaran masyarakat dalam melakukan pengendalian limbah rumah tangga agar air sungai sebagai air baku yang selama ini digunakan oleh masyarakat dapat terus dijaga kualitasnya.

Secara terpisah, Mukhlis Ali, M.T. selaku dosen pembimbing mengungkapkan bahwa tim PKM ini minggu kemarin telah mempresentasikan hasil kerjanya di hadapan tim juri PKM tingkat nasional dan diharapkan dapat melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang akan diselenggarakan November mendatang.

Mukhlis Ali yang juga menjabat sebagai Kaprodi Teknik Mesin juga mengungkapkan bahwa rancangan sistem penjernih air portabel ini akan disosialisasikan kepada masyarakat secara lebih luas melalui webinar yang akan diselenggarakan secara berkelanjutan.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Muhammad Muslih, M.Kom menyampaikan rasa bangganya atas capaian mahasiswa Universitas Nusa Putra yang merupakan kedua kalinya berturut-turut setelah tahun sebelumnya tim PKM Universitas Nusa Putra juga berhasil lolos mendapatkan pendanaan dari Kementerian Ristekdikti.

Ia berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan di tahun-tahun mendatang. Oleh karena itu, ia merencanakan dukungan persiapan dan pelatihan yang lebih baik bagi pengusulan proposal PKM di tahun berikutnya. (*)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *