Mahasiswa Fakultas Pertanian UMMI Ciptakan Taman Rekreasi , Edukasi Ecobrick dan Kuliner “ECOCUL”

Fakultas Pertanian UMMI

SUKABUMI– Mahasiswa Fakultas Pertanian yang tergabung dalam Organisasi Mahasiswa Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Sukabumi melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) KEMENRISTEK DIKTI melakukan pemberdayaan kepada masyarakat dengan membangun Taman Rekreasi Ecobrick dan Wisata Edukasi Kuliner “ECOCUL” di Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros.

Program tersebut merupakan salah satu program yang diajukan oleh Ormawa DPM Faperta UMMI yang berhasil lolos didanai oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi dengan judul “Taman Rekreasi Ecobrick dan Wisata Edukasi Kuliner (Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi).

Bacaan Lainnya

Kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dilaksanakan terhitung dari bulan Juni – November. Dimana di dalam nya meliputi beberapa kegiatan, diantaranya:

1) Sosialisai Program,

2) Edukasi Sampah,

3) Pelatihan membuatan Ecobrick,

4) Pembuatan Taman Rekreasi Ecobrick dan Wisata Edukasi Kuliner dan diakhiri dengan Launching Taman Rekreasi Ecobrick dan Wisata Edukasi Kuliner.

Tim pengusul dalam program ini berjumlah 10 orang yaitu mahasiswa Program Studi Agribisnis dan Akuakultur yang di Ketuai oleh Gelar Abdiwangsa dengan Dosen Pendamping Lapang Neneng Kartika Rini, S.P.,M.P (Dosen Prodi Agribisnis), Fakultas Petanian.

Dalam kegiatan ini terdapat mitra untuk terealisainya program, Adapun mitra yang tergabung diantaranya Kelurahan Jaya Mekar, Karang Taruna Jaya Mekar, PKK Jaya Mekar dan Zakat Community Development dari Baznas Kota Sukabumi.

Tepat pada tanggal 26 Oktober kemarin, tim PHP2D DPM Faperta UMMI melaksanakan kegiatan Launching Taman Rekreasi Ecobrick dan Wisata Edukasi Kuliner “Ecocul” di Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros yang dihadiri oleh mitra program dan tamu undangan diantaranya Karang Taruna se-Kota Sukabumi, PKK se-Kota Sukabumi, Baznas Kota Sukabumi, Akademisi dan Siswa Sekolah Dasar.

Launching taman “ECOCUL” secara resmi di buka dan di resmikan oleh Ibu Wali Kota Sukabumi (Hj. Fitri Hayati, S.Ag., MMpd). Realisasi program pembuatan taman rekreasi ecobrick dan wisata edukasi kuliner “ECOCUL” ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 (empat) bulan terhitung dari bulan Juli – Oktober.

Ketua TIM PHP2D DPM Fapeta UMMI, Gelar Abdiwangsa menututurkan bahwa tujuan dari program ini yakni untuk implementasi catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah yaitu pengabdian, program ini berfokus pada pengelolaan sampah an organik dimana sampah organic menjadi suatu permasalah yang tidak pernah luput dari permasalahn.

Maka dengan adanya program pemberdayaan ini diharapkan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat sejahtra, khususnya di Kelurahan Jaya Mekar untuk menjadi role model dari pengelolan sampah.

Wangsa juga mengucapkan terima kasih atas support dari WR III Bagian Akademik dan Kemahasiswaan serta seluruh staff yang memberikan support system yang tidak sedikit , serta ucapan terima kasih kepada Karang Taruna Kota atas support Sistem Listrik dan sarana Gazebo untuk Ecocul.

PKK kelurahan Jaya Mekar , SD Tespong, Aisyiyah Kota Sukabumi, dan seluruh Civitas Akademika yang telah membantu dalam penyediaan sampah plastic dan ecobrick yang tidak sedikit dibutuhkan untuk membangun taman rekreasi dan edukasi Ecobrick dan kuliner (Ecocul) ini.

“Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa terdapat hubungan yang dinamakan penta helix antara mahasiswa, pemerintah dan akademisi. Program ini menjadi salah satu implementasi dari hubungan tersebut.

Fakultas Pertanian UMMIPKK Kota Sukabumi Hj. Fitri Hayani Fahmi, S.Ag., MMpd memberikan apresiasi yang baik terhadap terciptanya program Taman Rekreasi Ecobrick dan Wisata Edukasi Kuliner atau yang disingkat menjadi “Ecocul” dan diharapkan menjadi lsngkah pemetaan potensi wilayah di Kota Sukabumi” tutur ibu Wali Kota Sukabumi dalam peresmian Ecocul.

Dr. Amalia Nur Milla yang merupakan Pembina DPM Faperta UMMI menuturkan bahwa “dengan diresmikannya program Taman Ecocul ini diharapkan mampu mrngedukasi tentang bagaimana pentingnya memilah sampah sejak dini, peremian pada hari di hadiri juga oleh siswa-siswi SDN Tespong Raya yang dimana harapannya mereka termotivasi sejak dini untuk melakukan pemilahan dan pengeloaan sampah.

Karena menyoal sampah sudah menjadi tanggung jawab kita semua, ditambah dengan adanya Website Ecocul yang memberikan penjelasan terkait wahana yang tersedia serta paket wisata edukasi yang dikelola karang taruna jaya mekar dibawah pendampingan ZCD Baznas dan Fakultas Pertanian UMMI” tuturnya.

Sebagai agenda penutup dalam rangkaian Launching Taman Rekreasi Ecobrick dan Wisata Edukasi Kuliner “ECOCUL” ini diakhiri dengan melakukan panahan merupakan hibah dari ZCD Baznas, wara-wiri dan pengenalan kuliner dari Kelompok Usaha Bersamayang di damping juga oleh Rodiah, S.P founder Kampung Wisata Edukasi Kuliner di di Kelurahan Jaya Mekar yang nantinya akan menjadi salah satu kuliner yang ada di Taman Ecocul, selain pengenalan kuliner juga dilakukan pengenalan wisata air yang di Kelola karang taruna Jaya mekar dan Karang taruna kota Sukabumi yang terdapat di Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Sebagai keberlanjutan program, karang taruna bersama tim PKK juga ZCD Kelurahan Jaya Mekar melakukan event-event tambahan yang akan diselenggarakan berkala di Taman “ECOCUL” diantarnya cooking camp, rafting, E-Sport, edukasi ecobrick dan pembuataan ecobrick, kompetisi ecobrick antar SD dan peringatan hari-hari besar seperti hari pahlawan pada 10 Nopember nanti, serta hari libur Nasional Lainnya. (Wyd/Nes/adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.