Toreh Prestasi, Mahasiswa Polbangtan Kementan Raih Juara 2 Lomba Debat Special Event Institut PTIQ

Polbangtan Bogor
Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor

JAKARTA – Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor berhasil meraih juara 2 Lomba Debat Pendidikan Tarbiyah Special Event yang diadakan di Institut PTIQ Jakarta pekan lalu.

Tim yang beranggotakan Gitana Arum Prastanika Sebagai Pembicara 1, Aditia Yaman Dalantaras Bukit Sebagai Pembicara 2 dan Marlon Brando sebagai pembicara 3 berhasil meraih juara 2 dan mengalahkan saingan dari 10 kampus yang terdaftar menjadi peserta dalam lomba debat tersebut.

Bacaan Lainnya

Tahun ini, UPN Veteran Jakarta keluar sebagai juara pertama dan Universitas Negeri Jakarta keluar sebagai juara ketiga.

Keberhasilan Polbangtan Bogor dalam mengikuti lomba debat ini menjadi kebanggaan yang dapat memicu dan memotivasi mahasiswa agar dapat aktif dan berprestasi dalam bidang keilmuan.

Hal ini sesuai Harapan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo agar generasi muda, khususnya petani milenial untuk tetap aktif mengembangkan potensi dirinya.

“Petani milenial itu harus kreatif dan aktif, jangan mau kalah sama petani kolonial. Yang Namanya petani milenial itu punya pergaulan dan bergaul dengan orang – orang baik. Yang saya senang dari petani milenial itu tidak mau kalah. dan terus mengembangkan diri Inilah saatnya kita Gaspol”, ujar Mentan Syahrul.

Senada, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi di beberapa kesempatan menyebutkan petani milenial adalah harapan bangsa atau negara.

“Oleh sebab itu dari saat ini harus kita didik dan mempersiapkan serta menggenjot mentalnya, ilmu, keterampilan dan lain-lain, agar mereka menjadi petani yang terampil, tangguh dan profesional,” jelas Dedi.

Hadirnya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Debat atau Debate Society Polbangtan Bogor yang dibina oleh Dyah Gandasari, Endang Endrakasih, dan Rifa Rafi’atu Sya’bani selaku dosen betul-betul mengasah kemampuan mahasiswa di bidang Debat.

Gitana, mahasiswa Jurusan Peternakan mengaku senang karena kembali mengharumkan civitas akademika. “Saya sangat senang karena bisa kembali mewakili Polbangtan Bogor dalam lomba debat hingga meraih juara”, ujarnya.

Tidak hanya Gita, Marlon dan Aditiya Bukit selaku partner dalam lomba debat juga bangga dapat mengembangkan potensi dan bakat mahasiswa sehingga mahasiswa dapat percaya diri menggapai mimpi dan meraih prestasi.

Diharapkan untuk kedepannya Polbangtan Bogor dapat meraih lebih banyak lagi prestasi dalam bidang Debat, bahkan berprestasi di tingkat internasional.

Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor

Pewarta: Ardianinda Wisda
Sumber: Polbangtan Bogor

Pos terkait