Tingkatkan Kemampuan Bicara dan Sosial Anak, Mayoritas Gunakan Gambar

Mereka sudah melatih banyak tempat juga. Sudah ada forum peduli Autisme Jawa Timur yang sudah hampir 5 tahun ini terus sosialisasi TEACCH dan Positive Behaviour Support,”

Dalam pelaksanaannya, pendidikan untuk anak autis harus berlangsung secara komprehensif. Seperti pendidikan terlaksana secara menyeluruh, mulai aspek akademik hingga sosial anak.

Pola pendidikan seperti ini, menurut dia, sangat penting untuk anak autis. Mengingat kekhususan anak autis bukan pada akademiknya melainkan pada faktor komunikasi dan sosial anak.

“Maka perlu adanya kerja sama antar peran yang ada dalam lingkup pendidikan anak. Mulai dari sekolah, lingkungan anak dan keluarga,” imbaunya.

Sementara itu, untuk mendukung anak autis, dia menerapkan langkah pertama untuk program autisme yang dirancang untuk anak berusia nol hingga tujuh tahun. Program ini sudah teruji bisa membantu ABK autis.

Menurutnya, kelompok terapi ini fokus intensif pada pengembangan keterampilan komunikasi sosial dan untuk mengembangkan keterampilan baru di bawah bimbingan Speech Pathologis dan Occupational Therapists.

“Kelompok kecil yang intensif ini dipimpin oleh tim terapi kami yang berpengalaman. Kelompok kami menawarkan kesempatan bagi anak untuk meninjau dan mengonsolidasi keterampilan yang dipelajari,” ungkap wanta lulusan Universitas Airlangga Surabaya itu.

Sementara itu, Yayasan Autis Bina Mandiri pimpinan Muniyati sudah membuktikan bahwa pendidikan bagi anak autis sangat dibutuhkan. Dia mengatakan, siswa-siswinya di yayasan mereka berusia anak hingga dewasa.

Dia menggunakan pola pengajaran inklusif dengan menggabungkan ana normal dengan ABK. Harapannya untuk memberikan empati kepada anak normal sehingga lebih memahami kondisi anak berkebutuhan khusus.

“Sasaran kami pada waktu itu anak umum yang tidak mampu. Sehingga dapat mensubsidi silang biaya dari pengobatan anak autis untuk biaya sekolah anak umum,” ujar Muniyati.

 

(dan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *