Siswi SMAN 1 Sukabumi Harumkan Jabar, Juara 1 Wushu Popnas, Ini Prestasi Chalifa

Siswi SMAN 1 Sukabumi, Chalifa Chaerunisa Putri Arel
Siswi SMAN 1 Sukabumi, Chalifa Chaerunisa Putri Arel

SUKABUMI – Prestasi membanggakan kembali diraih siswi SMA Negeri 1 (SMANSA) Sukabumi, Chalifa Chaerunisa Putri Arel. Bukan hanya mengharumkan Kota Sukabumi, Chalifa panggilan akrab siswi kelas 12.1  juga mengharumkan Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI Sumatera Selatan Tahun 2023 pada 26 Agustus-3 September lantaran menyabet juara 1 cabang olahraga wushu.

Chalifa mengaku bersyukur dan beruntung bisa meraih medali emas pada kejuaraan tingkat nasional. Tentunya untuk bisa meraih prestasi tersebut perlu adanya usaha, latihan, kerja keras juga doa.

Bacaan Lainnya

“Bahagia tentunya, karena aku merasa kerja kerasku khususnya selama sebulan ke belakang saat pemusatan latihan sampai harus mengambil dispensasi dari sekolah terbayarkan.

Aku merasa amat bersyukur serta beruntung karena tanpa izin Tuhan Yang Maha Esa belum tentu aku diizinkan untuk meraih medali emas pada event tersebut.

Aku juga merasa sangat berterimakasih kepada orang-orang yang sudah mendukung, membimbing serta mendoakanku selama ini,” ucap remaja putri kelahiran Sukabumi, 11 Juli 2006 itu kepada Radar Sukabumi, Rabu (6/9).

Untuk mengikuti Popnas, ia ikut seleksi cukup ketat. Sebelumnya juga mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Jabar. Beruntung ia lolos pada seleksi di tingkat provinsi dan meraih peringkat 1 pada nomor Taijiquan dan Taijijian putri sehingga Chalifa diikutsertakan mewakili Provinsi Jabar ke Popnas mewakili cabor wushu.

Putri pasangan Arli Widiarli dan Elni Sumarni itu mengaku punya ketertarikan wushu sejak di Taman Kanak-kanak (TK). Saat itu dirinya sering melihat latihan wushu di Gedung Juang 45. Namun ia mulai berlatih wushu saat di kelas 3 SD.

“Belajar wushu sendiri murni keinginanku karena kedua orangtuaku bahkan tidak memiliki latar belakang pada bidang olahraga. Kebetulan aku juga memiliki tubuh yang lentur, sehingga cocok dengan dasar bela diri yang satu ini,” terangnya.

Ia berharap  kedepannya kualitasnya sebagai atlet, dapat meningkat menjadi lebih baik lagi agar dapat meraih kesuksesan yang lebih besar.

“Semoga bisa lolos pada babak kualifikasi PON nanti, supaya bisa mengikuti PON XXI Tahun 2024 mendatang,” ujar Chalifa yang bercita-cita sebagai atlet wushu yang mampu mengharumkan nama Indonesia di internasional.

Kepada Radar Sukabumi, dia juga membagikan tips kesuksesannya bisa meraih prestasi. Salah satunya dengan lebih fokus memantau perkembangan pada diri sendiri daripada lawan yang akan dihadapi. “Kalau aku lebih fokus ke sendiri misal kekurangan atau kelebihan aku apa,” pungkasnya. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *