Pelajar SDN Dewi Sartika CBM Berjualan

SUKABUMI – Pelajar kelas dua B SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi, belajar cara berjualan dan bertransaksi. Hal tersebut, sebagai bagian dari pembelajaran Kurikulum 2013 (K13).

Pada pelajaran ini, para pelajar membawa barang dagangan untuk dijual kepada temannya sembari mengasah kemampuan berhitung, terutama operasi matematika dasar yakni pertambah, pengurangam, perkalian dan pembagian.

Bacaan Lainnya

Salah seorang guru SDN Dewi Sartika CBM, Entat Mulyati mengatakan, tidak hanya ilmu menghitung, para peserta didik juga dilatih menguatkan mental dengan menanamkan kejujuran dan saling menghargai.

“Melalui pembelajaran cara bertransaksi ini, para pelajar menjalani praktik aritmetika dengan lebih konkret, tidak sekedar verbal saja,” kata Entat kepada Radar Sukabumi, kemarin (16/10).

Dengan dibantu orang tua, para pelajar menjadi pedagang se-hari di kelas. Sementara, pelajar yang tidak bisa membawa barang dagangan, diperintahkan menjadi pembeli.

“Sehingga dalam proses jual beli, terjadi transaksi, tawar-menawar dan serah terima uang dan barang,” tuturnya.

Ia mengaku sebelum melakukan pembelajaran tersbut, melakukan pemberitahuan kepada para pelajar agar membawa barang untuk didagangkan. Orang tua pun sangat mensuport pembelajaran ini. Hal itu terbukti dari antusias para pelajar yang membawa berbagai jenis dagangan.

“Pelajar sebagai pembi sangat menghargai barang dagangan temannya,” paparnya.

Adupun yang mereka bawa misalnya saja, sate, buah, coklat, pisang coklat, kue bolu kukus, lemper, mie goreng dan agar-agar.

Diakhir sesi, para pelajar ini diminta untuk menghitung penghasilan dengan membandingkan modal awal dengan pendapatan akhir.

“Kami harap dengan adanya pembelajaran seperti ini dapat menjadi pembelajaran yang berharga bagi anak sehingga mereka bisa mengetahui cara berjualan,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang siswa, Nasriel Syawal Firdaus tampak bersemangat untuk menjual barang yang dibawanya berupa sate buah dan coklat.

Semua dagangannya habis terjual, ia belajar cara berjualan yang baik dan bertransaksi dari pelajaran yang diikutinya itu. “Ternyata berdagang itu sangat menyenangkan. Apa lagi daganganku bisa terjual semuanya,” singkatnya. (Cr16/e)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.