Masya Allah! Mengajar dan Penanganan Psikososial: Mahasiswa Pendidikan Guru PAUD UMMI Terjun ke Posko Bencana Cianjur

#image_title

SUKABUMI – Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) mengirimkan relawan untuk melaksanakan pendampingan paska bencana alam gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, relawan ini berasal dari UPT. Mitigasi UMMI berkolaborasi dengan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru (PG) PAUD dan mahasiswa Gerakan Kepanduan Hizbulwaton UMMI.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 bulan, sejak Januari hingga Juni 2023 yang dimana mahasiswa akan bergilir untuk menjadi relawan di tempat bencana, untuk bulan pertama relawan mahasiswa Prodi PG PAUD dengan program psikososial yang dilaksanakan di beberapa lokasi di posko Barukaso, Rawacina, Cibulakan dan Cariu.

Dalam wawancara, Ketua Prodi PG PAUD UMMI Elnawati menyampaikan bahwa psikososial ini tidak hanya menghibur, memotivasi anak-anak di trauma anak-anak di sana, namun kita memulihkan seluruh korban hingga pulih seperti sebelumnya.

“Kegiatan yang sudah dilakukan oleh seluruh relawan seperti mendata korban dari mulai tingkat TK hingga SMA, memberikan pengajaran dengan fasilitas sekolah darurat, dan juga membantu memasak dan mempersiapkan logistik untuk disebar ke pos-pos bencana,” ujar Elna.

Kepala UPT. Mitigasi UMMI, Azhar mengaku siap berkomitmen untuk terus mengirimkan relawan Universitas Muhammadiyah Sukabumi hingga 6 bulan kedepan, untuk membantu memulihkan seluruh kebutuhan masyarakat di lokasi bencana hingga pulih seratus persen.

“Seluruh aspek yang dibutuhkan MDMC dan juga masyarakat di sana Insya Allah akan kami terus penuhi hingga tuntas,” ujar Azhar. (adv/wdy)

Pos terkait