Kemendikbud Lakukan Visitasi di SDN Dewi Sartika

SUKABUMI — SDN Dewi Sartika CBM menjalani visitasi Lomba Budaya Mutu (LBM) SDN Pembina tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan pada 27 September 2017 lalu. Visitasi ini, dilakukan langsung oleh Staf Kementrian dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Wulan Purnama dengan meninjau langsung sekolah tersebut.

Ketua Pelaksana LBM SDN Pembina SDN Dewi Sartika CBM, R Histato D Kobasah mengatakan, ada beberapa peninjauan yang dilakukan dalam visitasi itu, diantaranya, peninjauan ruangan perpustakaan, ruang UKS, kantin, toilet dan ruangan laboratorium komputer.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu sambung dia, pada bidang non fisik, perwakilan Kemendikbud RI ini pun melihat langsung kegiatan ekstrakulikuler, pembelajaran di dalam kelas, serta program pembelajaran dengan Manajemen Berbasis Masyarakat (MBS). “Berkat kerjasama yang terjalin harmonis dengan semua elemen, Alhamdulillah semuanya bisa berjalan lancar,” kata Histato kepada Radar Sukabumi, kemarin (29/9).

Histato menambahkan, pada tahun sebelumnya, SDN Dwi Sartika CBM berhasil menjadi Juara I LBM tingkat Provinsi Jabar hingga melenggang ketingkat nasional. “Mudah-mudahan di tahun ini SDN Dewi Sartika CBM bisa kembali menjuarai LBM ini sampai bisa mengikuti LBM di tingkat nasional,” paparnya.

Ia menerangkan, SDN Dewi Sartika CBM merupakan sekolah dasar pembina di tingkat pendidikan dasar yang memiliki keunggulan dalam penyelenggaraan sistem pendidikan. Menurutnya, untuk menunjang keberhasilan dunia pendidikan maka butuh pran serta dari orang tua siswa dalam mendukung Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). “Dengan begitu akan dapat mendrongkarak para pelajar untuk bisa berprestasi dalam lomba formal maupun non formal,” ujarnya.

Disinggung partisipasi orang tua siswa terhadap sekolah? Ia menjawab, partisipasi orang tua siswa disekolahnya sekitar 20 persen hingga 40 persen. Hal itu, terlihat apa bila pihak sekolah mengadakan pertemuan. “Untuk menggugah kesadaran orang tua siswa, di awal tahun kami mengadakan In House Training (IHT) antara pihak sekolah dan orang tua siswa melalui Komite Sekolah. Hal ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi sehingga terjalin kerjasama harmonis,” jelasnya.

Dengan upaya yang saat ini terus digencarkannya, dirinya optimis akan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan kejuaraan ke depan. “Dengan terjalinnya kerjasama yang baik saya yakin dunia pendidikan akan terus berkembang,” pungkasnya. (Cr16/e)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.