Jelang UAMBK, MAN 2 Simulasi Ujian

  • Whatsapp
ist SIDAK: Kepala MAN 2 Kota Sukabumi, Isep memantau simulasi persiapan UAMBK.

RADARSUKABUMI.com – SUKABUMI – Jelang pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berbasis Komputer (UAMBK) 2019, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Sukabumi mengadakan simulasi ujian berbasis komputer. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 405 pelajar kelas XII.

Kepala MAN 2 Kota Sukabumi Isep mengatakan, simulasi ini diadakan untuk melihat persiapan menjelang UAMBK yang akan dilaksanakan pada April mendatang.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data yang dihimpun Radar Sukabumi dari MAN 2 Kota Sukabumi, tahun ini kegiatan UAMBK tercatat diikuti sebanyak 405 pelajar kelas XII, dengan rincian sebanyak 228 pelajar IPA dan 177 pelajar IPS.

“Dalam pelaksanaannya, simulasi UAMBK ini dibuat senyata mungkin seperti layaknya pada pelaksanaan UAMBK sebenarnya,” tegas Isep.

Hal itu dilakukan agar saat pelaksanaannya nanti, pelajar sudah terbiasa dan tidak terlalu tegang saat melaksanakan UAMBK mendatang.

“Simulasinya kita adakan selama tiga hari, setiap harinya itu ada tiga sesi mulai pukul 07:30 WIB sampai selesai,” terangnya.

Menurutnya, setiap pelajar mengerjakan selama minimal satu jam, dengan soal-soal yang sudah dipersiapkan sesuai dengan mapel yang di UAMBK-kan.

Ditambahkan Isep, tujuan lain diadakannya simulasi yaitu untuk mempersiapkan infrastruktur baik server maupun client.

“Mengaca dari tahun kemarin itu, permasalahan pasti ada seperti dalam pelaksanaan ada beberapa kasus antara lain siswa tidak dapat log in, client error, server down. Nah, dengan simulasi ini kita bisa menjadi lebih siap lagi,” paparnya.

Pihaknya bangga, atas pelaksanaan simulasi tersebut.”Alhamdulillah, selama simulasi kemarin semua bisa diatasi atas arahan dari helpdesk provinsi ,” imbuhnya.

Pria ramah ini menjelaskan, untuk mempersiapkan pelaksanaan UAMBK pada April mendatang, pihaknya sudah mempersiapkan mulai dari mempersiapkan client, di mana satu ruangan terdiri dari 36 client dan satu cadangan. Sama seperti tahun kemarin, tahun ini MAN 2 Kota Sukabumi pun sudah melaksanakan ujian nasional berbasis komputer.

“MAN 2 untuk UAMBK dari tahun sebelumnya sudah sangat siap, bahkan kami sudah memiliki empat server utama, lima sever cadangan, client utama 146, client cadangan sebanyak 12. Untuk komputer total keseluruhan kita punya 167 unit,” ujarnya.

Setiap ruangan nantinya akan diawasi oleh dua orang yang bertugas sebagai proktor dan PJ teknis. Isep berharap, dengan diadakannya simulasi itu pelajarnya sudah terbiasa mengerjakan soal berbasis komputer dan nilai UAMBK MAN 2 Kota Sukabumi bisa lebih baik.

 

(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *