Jelang Akhir Tahun, Disdik Kota Sukabumi Mulai Susun Renstra di 2024-2026

Wali Kota Sukabumi
Wali Kota Sukabumi didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan membuka kegiatan Penyusunan Rancangan rencana stratrgis (Renstra) Tahun 2024-2026

SUKABUMI— Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi mulai melakukan Penyusunan Rancangan rencana stratrgis (Renstra) Tahun 2024-2026 bersama forum peangkat daerah Dinas pedidikan dan Kebudayaan kota Sukabumi di aula Dinas pendidikan, Jalan Plabuhan II, Lembursitu, kota Sukabumi, Senin (19/12/2022).

Penyusunan Renstra ini bagian dari tahapan penyusunan rencana pembangunan daerah (RPD) 2024-2026. ” Dinas Pendidikan yang pertama kali mengawali pembahasan Renstra.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang menghadiri acara tersebut mengatakan, RPD 2024-2026 ini implikasi pillada serentak pada 2024 nanti. Di mana pada September 2023 kepala daerah akan diisi penjabat (Pj) wali kota hingga pelantikan pada Maret 2025 mendatang.

Sehingga belum dapat dilakukan penyusunan RPJMD dan untuk mengisi kekosongan daerah menyusun RPD dan disdik menyusun renstra 2024-2026 dalam antisipasi dampak pilkada.

Fahmi menuturkan, penyusunan RPD dan renstra mengacu pada regulasi baru dan kebijakan nasional serta keterkaitan eengan dokumen perencanaan. Selain itu isu-isu strategis, capaian RPJMD dan saran, masukan DPRD harus diperhatikan.

Isu strategis 2024-2026 mulai dari pemulihan ekonomi pasca covid, ketahanan pangan dan energi, dan percepataan pembangunan infrastruktur. Berikutnya penguranganan resiko bencana, peningkaran kualitas SDM di dalamnya pendidikan, pemilu dan pilkada

” Khusus pendidikan yakni terciptanya kualitas SDM berkarakter dan komprehensif, meningkatkan derajat pendidikan masyarakat, dan mendorong IPM pendidikan,” ungkap Fahmi.

Khususnya pada 2024 2026 IPM pendidikan harus naik. Termasuk angka partisipasi murni pendidikan jenjang TK hingga SMA.

Semua kata Fahmi, memiliki semangat yang sama agar dunia pendidikan semakin baik dan tumbuh berkembang. Terlebih Kota Sukabumi dinyakan sebagu pusat pelayanan berkualitas di bidang pendidikan, kesehatan dan jasa perdagangan. (wdy)

Pos terkait