Dapat Hibah Motor Listrik Smoot, Prodi Teknik Elektro Nusa Putra Sukabumi Riset Pengembangan Motor Listrik

UNP
KEREN: Universitas Nusa Putra (UNP) melalui Program Studi (Prodi) Teknik Elektro menerima hibah motor listrik Smoot Tempur untuk pengembangan kendaraan listrik di Indonesia khususnya di Sukabumi ke depannya.

SUKABUMI – Universitas Nusa Putra (UNP) melalui Program Studi (Prodi) Teknik Elektro menerima hibah motor listrik Smoot Tempur untuk pengembangan kendaraan listrik di Indonesia khususnya di Sukabumi ke depannya.

Adapun hibah motor lstrik tersebut diberikan oleh Power & Energy Research Group yang juga merupakan naungan Prodi Teknik Elektro Universitas Nusa Putra bekerja sama dengan PT Aliza Electric Motocar untuk riset motor listrik Smoot Tempur serta bekerja sama dengan PT Swap Energi Indonesia untuk riset baterai pada Senin (2/1/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam riset tersebut, PT Aliza Electric Motocar menghibahkan satu motor listrik smoot tempur untuk dipelajari dosen dan mahasiswa Teknik Elektro UNP serta satu motor untuk diuji coba. Sementara PT Swap Energi Indonesia menyediakan satu unit mobile laboratorium baterai yang berisi satu dispenser charging stasion dan lima buah baterai.

Power & Energy Research Group kedepannya akan melakukan riset dan reverse engineering yang menghasilkan produk baru, berupa motor listrik. Hal ini selaras dengan tema Prodi Teknik Elektro yaitu menciptakan green technology di kampus Universitas Nusa Putra.

“Alhamdulillah, dengan serah terima dua buah motor listrik Smoot Tempur dan satu unit mobile lab dari mitra riset kepada Power & Energy Research Group Prodi Teknik Elektro Universitas Nusa Putra mejadikan stimulus untuk mengembangkan motor listrik di Sukabumi serta menerapkan penelitian yang menuju Green Technology,” ungkap Ketua Program Studi Teknik Elektro Universitas Nusa Putra, Aryo De Wibowo kepada Radar Sukabumi, Minggu (8/1).

Menurutnya, Prodi Teknik Elektro UNP akan secara terus menerus mengembangkan riset di bidang transportasi listrik. Hal ini untuk mendukung pengurangan emisi yang juga digaungkan pemerintah. Selain itu, Universitas Nusa Putra sebagai kampus hijau juga begitu concern dalam penggunaan kendaran listrik.

“Kedepannya kita bukan hanya memproduksi massal motor listrik hasil karya dosen dan mahasiswa Teknik Elektro Universitas Nusa Putra, tetapi kita juga akan mengembangkan motor listrik tersebut dengan peningkatan fitur yang ada di unit tersebut,” pungkasnya (wdy)

Pos terkait