Cerita Alya Zaahirah, Siswi SDN Dewi Sartika CBM Otodidak Belajar Pildacil Didukung Orang Tua hingga Guru PAI

Alya Zaahirah siswi kelas IV B SDN Dewi Sartika CBM
HEBAT: Alya Zaahirah berfoto bersama sang bunda usai menerima penghargaan juara 2 lomba Pildacil di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi. (ist)

Alya Zaahirah siswi kelas IV B SDN Dewi Sartika CBM, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi berhasil mengukir prestasi di Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas-PAI) tingkat Kota Sukabumi tahun 2022 yang diselenggaran pada, Sabtu (21/5/2022). Di ajang bergengsi tersebut Alya begitu sapaan gadis cilik ini berhasil meraih juara 2 lomba Pidato Cilik (Pildacil) kategori putri.

WIDI FITRIA, Sukabumi

Bacaan Lainnya

Wajah Alya terlihat begitu semringah saat namanya dibacakan oleh Panitia Pentas PAI Tingkat Kota Sukabumi sebagai Juara 2 Lomba Pildacil kategori putri. Meski hanya meraih juara ke-2, namun putri dari pasangan Muhamad Ilham dan Anisaa Rengganis tetap bangga bisa mengukir prestasi mengalahkan puluhan peserta lainnya.

Alya sangat bersyukur dan mempersembahkan hadiah ini kepada ayah bunda juga guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolahnya yang telah mendukung, memberikan doa, sekaligus yang telah membimbingnya selama ini.

“Alhamdulillah sangat bangga dan senang bisa mendapat juara ke-2 insya Allah kedepannya akan lebih baik lagi,” tutur gadis cantik ini kepada Radar Sukabumi, Minggu (30/5/2022).

Dikatakannya, lomba Pildacil ini bukan kali pertama yang diikutinya tetapi sebelumnya ia juga kerap mengikuti lomba Pildacil baik di tingkat kecamatan hingga ke provinsi sehingga soal pengalaman, Alya memang tidak usah diragukan lagi.

Bahkan menurut sang bunda, Anisaa sejak Alya duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) ia sudah pernah mengikuti lomba Tahfiz Qur’an dan mendapat juara 1 tingkat Kota Sukabumi.

“Untuk kegiatan lomba Pentas PAI ini, Alhamdulillah hampir setiap kategori pernah diikuti seperti pas kelas 2 waktu itu Alya ikut lomba Tilawatil Qur’an di tingkat kecamatan dan Alhamdulillah dia mendapat juara ke-2,”ucapnya bangga.

Karena memiliki bakat di sejumlah bidang PAI, Alya pun mendapat dukungan dari salah satu guru PAI di sekolahnya untuk ikut serta dalam perlombaan keagamaan termasuk mengikuti lomba Pildacil.

Alya juga pernah mewakili Kota Sukabumi dalam lomba Pildacil tingkat Provinsi Jawa Barat yang diadakan oleh guru Provinsi Jawa Barat, dari 100 peserta Alya berhasil lolos 80 besar dan kembali lolos masuk 50 besar.

“Sejak dari situ sih jadi suka ikut lomba Pildacil, mungkin karena Alya bisa tampil percaya diri kemudian anaknya juga ternyata sangat suka dengan Pildacil ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Alya mengaku jika lomba Pildacil ini dibimbing oleh gurunya di sekolah sedangkan di rumah ia dibimbing oleh mamanya.

“Ya latihannya kalau di sekolah sama pak guru, kalau di rumah sama mama belajar ya gitu menghafal materi sama ngelatih gestur,” ucapnya.

Alya sendiri bercita-cita ingin menjadi seorang ustazah dan ingin menjadi Polisi Wanita (Polwan) ustazah. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan