280 Pelajar SMP di Kota Sukabumi Meriahkan FTBI

FTBI jenjang SMP Kota Sukabumi tahun 2023
Salah satu pelajar di Kota Sukabumi menampilkan penampilan terbaiknya di ajang FTBI jenjang SMP Kota Sukabumi tahun 2023 yang diselenggarakan di SMPN 7 Kota Sukabumi, Selasa (17/10/2023).

SUKABUMI – Sebanyak 280 pelajar SMP di Kota Sukabumi saling bersaing menjadi yang terbaik dalam ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Kota Sukabumi yang dilaksanakan di SMPN 7 Kota Sukabumi, Selasa (17/10).

Ratusan pelajar tersebut saling unjuk kebolehan di ajang lomba Bahasa dan Budaya Sunda untuk menjadi yang terbaik. Karena yang menjadi juara 1 akan mewakili Kota Sukabumi ke FTBI tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Bacaan Lainnya

Ketua Pelaksana FTBI Jenjang SMP Tingkat Kota Sukabumi Supriadi mengatakan, dilaksanakannya kegiatan FTBI tingkat Kota Sukabumi bertujuan untuk merawat dan melestarikan bahasa dan budaya di kalangan pelajar khususnya generasi millenial.

Dengan begitu Ia berharap melalui kegiatan FTBI ini dapat memupuk rasa cinta terhadap bahasa dan budaya sunda. Sehingga nantinya timbul inovasi-inovasi baru oleh para siswa ataupun generasi muda berupa hasil inovasi digital ataupun hal lainnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya FTBI dapat memupuk cinta dan anak-anak muda selalu menjungjung tinggi budaya dan bahasa Sunda,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi, Selasa (17/10).

Lebih lanjut Supriadi menambahkan, kegiatan FTBI jenjang SMP Tingkat Kota Sukabumi yang dilaksanakan pada Selasa (17/10) merupakan kegiatan seleksi dari 280 peserta untuk mencari juara 1,2 dan 3 tingkat kota.

“Tetapi untuk yang maju ke provinsi hanya juara 1 saja kategori putra dan putri, jadi total ada 14 pelajar yang nantinya akan berangkat ke Provinsi Jawa Barat, ” terangnya.

Wakil Ketua Pelaksana Irman menambahkan adapun kegiatan FTBI tahun ini merupakan tahun ke tiga yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Teknologi dan Riset yang ditindaklanjuti oleh Balai Bahasa Nasional kemudian dilanjutkan oleh Balai Bahasa Provinsi.

“Dan Alhamdulillah kegiatan FTBI dari tahun pertama yaitu pada 2021 hanya diikuti 3 provinsi tetapi sekarang bertambah ada menjadi 12 provinsi yang juga melaksanakan FTBI,” imbuhnya.

Sementara itu, sekretaris acara Andika juga menambahkan pelaksanaan FTBI jenjang SMP tingkat Kota Sukabumi merupakan kerjasama antara Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Sunda SMP dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) serta didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi
.
“Alhamdulillah untuk acara berjalan dengan lancar,”ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *