Meski Kalah dari Indonesia, Vietnam Tetap Lolos

Timnas Vietnam U-20 lolos ke putaran final
Timnas Vietnam U-20 lolos ke putaran final Piala Asia U-20 sebagai satu dari lima runner up terbaik, meski pada Minggu (18/9) malam tadi mereka kalah 2-3 dari Indonesia U-20. Foto: the-afc.com

SURABAYA – Hanya beberapa jam setelah dikalahkan Timnas Indonesia U-20, Vietnam juga dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Pada laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 atau AFC U-20 Asian Cup 2023 Uzbekistan, Vietnam takluk 2-3 dari Indonesia.

Timnas Indonesia U-20 pun lolos otomatis ke Piala Asia U-20 tahun depan. Sementara Vietnam U-20 finis kedua dengan 6 poin dan selisih gol adalah 11-4 (+7). Meski kalah dari Indonesia, Vietnam akhirnya juga dipastikan berlaga di Uzbekistan tahun depan.

Bacaan Lainnya

Itu setelah runner up Grup J, Kirgistan U-20 ‘hanya’ mampu menang 6-0 lawan Brunei U-20. Kirgistan yang finis kedua di Grup J di bawah Iran, mengoleksi 6 poin di klasemen akhir. Juga dengan selisih gol +7 (8-1).

Dengan demikian, dari klasemen kualifikasi Piala Asia U-20 hingga Senin (19/9), pukul 00.15 WIB, sudah lima runner up grup lain yang memiliki poin lebih rendah dari Vietnam.

Antara lain runner up Grup C, Yaman dengan 4 poin dan selisih gol 4-4. Kemudian siapapun runner up Grup D antara Syiria, Yordania atau Taiwan juga sudah dipastikan kalah selisih gol dari Vietnam.

Meski ketiga negara itu terlihat mencetak banyak gol, tapi hasil pertandingan lawan tim juru kunci, Kepulauan Mariana Utara tidak dihitung. Aturan ini berlaku dalam penentuan peringkat klasemen akhir Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 untuk grup yang dihuni lima negara.

Runner up Grup E, Mongolia jelas kalah poin dari Vietnam (4 poin, selisih gol 7-8). Siapapun runner up Grup I, antara Tajikistan dan Lebanon juga tidak akan memiliki poin lebih baik dari Vietnam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.