Menelisik Indonesia Vs Thailand, Harap-harap Cemas untuk Rebut Emas

Bertemu lagi Shin Tae-yong kontra Mano Polking.
Bertemu lagi Shin Tae-yong kontra Mano Polking. Kali ini di babak semi final Sea Games 2021 di Vietnam, Kamis 19 Mei 2022.  (Foto : Instagram/@ligaindonesia)

NAM DINH — Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memiliki cukup data dari hasil pengamatan langsung di lapangan saat Thailand kontra Laos dalam penyisiga Group B Selasa 16 Mei 2022 malam WIB.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 memandang penting mempelajari taktik Thailand. Minimal Shin Tae-yong bisa memperdalam cara bermain Thailand yang selama ini menjad momok bagi Timnas Indonesia.

Bacaan Lainnya

Shin Tae-yong tentu tak ingin pengalamannya di ajang Piala AFF 2021 Singapura terulang. Kala itu Timnas hanya sanggup menempati podium kedua. Ya, Thailand menjadi lawan yang cukup mumpuni dalam partai semifinal SEA Games 2021 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis 19 Mei 2022 nanti.

The War Elephants-julukan Thailand punya skuad yang lengkap, meski saat hanya unggul lewat gol bunuh diri pemain Laos pada menit ke-19. Shin Tae-yong terlihat memantau Thailand di laga tersebut degan konsentrasi tinggi, beberapa hal ia catat.

Pelatih berumur 52 tahun itu datang dengan para staf asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 dari Korea Selatan. Ditambah asisten pelatih Nova Arianto. Prediksi Shin Tae-yong memang benar. Timnas Indonesia akan bersua Thailand di laga semifinal. Prediksi juru taktik asal Korea Selatan tepat.

Timnas kini akan berjumpa lagi dengan kedua pelatih yang sama Shin Tae-yong vesus Mano Polking. Mano Polking juru taktik yang mampu menyulap skuad muda Thailand menjadi juara Grup A dengan raihan 10 poin dari 4 laga.

Sebelumnya skuat Garuda Muda lolos ke semifinal dengan status runner-upGrup B melalui raihan 9 poin dari 4 laga. Adapun semifinal lainnya mempertemukan Vietnam U-23 melawan Malaysia U-23.

Sedangkan Vietnam keluar sebagai juara Grup A (9 poin). Malaysia U-23 menemani Thailand lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup B dengan 8 poin dari 4 laga. Thailand tim yang paling siap menghadapi Timnas Indonesia U-23 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh. Sedangkan Vietnam bakal bertemu Malaysia di Stadion Viet Tri, Phu Tho di partai semifinal.

Masuknya timnas Indonesia ke babak semifinal ini cukup membahagiakan Shin Tae-yong. Ia gembira bukan kepalang setelah membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak semifinal Sea Games 2021.

Masuk semifinal bukan hal gampang. Timnas harus melewati fase buruk di group A setelah diganyang tuan rumah Vietnam dengan skor telak 3-0. Pelatih yang mulai doyan dengan buah durian itu mungkin sudah melupakan drama offside yang menguntunkan Vietnam.

Kini Shin Tae-yong sedang sumringah lantaran ditawari 2 medali. Bagi mantan pelatih Korea Selatan ini kemenangan Vietnam memang menyakitkan Timnas Indonesia.

Protes Shin Tae-yong tak digubris hakim garis. Protes itu sebenarnya sudah disampaikan sejak awal. Sejak anak-anak Garuda Muda merasakan venue yang buruk jauh dari kata standar Internasional.

Menariknya lagi, Shin Tae-yong menyindir Vietnam lewat video pendek yang beredar Instagramnya. Shin mencari katak di genangan air tempatnya menginap di Hanoi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan