Kandaskan MU, Villarreal Juara Liga Europa

  • Whatsapp
David De Gea gagal mencetak gol dalam adu penalti ke gawang Villarreal yang dijaga Geronimo Rulli pada final Liga Europa. (AFP)

GDANSK—, Manchester United gagal menjuarai Liga Europa 2020/2021. MU kandas lewat drama adu penalti 10-11 (1-1) melawan Villarreal di Stadion Miejski, Gdansk, Polandia, Kamis (27/5/2021) dini hari WIB.

Adu penalti berlangsung sangat ketat hingga melibatkan 11 pemain. Dua kiper menjadi eksekutor terakhir dan David de Gea gagal menuntaskan tugasnya.

Sepakannya ke gawang Geronimo Rulli begitu lemah sehingga bola dengan gampang diantisipasi.

Jalannya pertandingan.

Manchester United langsung tampil agresif sejak awal. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer menghadapi kukuhnya barisan pertahanan skuad Unai Emery.

Keasyikan menyerang, MU malah kebobolan lebih dulu pada babak pertama. Gol Villarreal tercipta pada menit ke-29. Dani Parejo mengirim bola umpan dari sisi kiri ke tengah kotak penalti lalu disambut sontekan kaki kanan Gerard Moreno.

Moreno berhasil lolos dari kawalan Victor Lindelof. Bola mengarah ke kiri gawang dan gagal diantisipasi David de Gea. 

Tertinggal, Manchester United yang begitu berambisi memburu trofi musim ini, berusaha keras memaksimal sisa waktu babak pertama untuk mengejar.

Namun, MU menghadapi permainan Villarreal yang begitu ketat dan disiplin sehingga tak menciptakan ruang untuk tim Setan Merah.

Skor 1-0 untuk keunggulan Villarreal atas Manchester United bertahan hingga turun minum.

Manchester United tak butuh waktu lama untuk menyamakan skor pada babak kedua. Pada menit ke-55, Edinson Cavani membobol gawang Villarreal yang dikawal oleh Geronimo Rulli.

Pertandingan masih berjalan alot setelah kedua tim imbang 1-1. Pertandingan akhirnya dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Tak ada yang berubah dari kedua tim. 

Manchester United yang menguasai jalannya laga 69 persen sangat tidak efektif. Bruno Fernandes dkk. melepaskan 14 tembakan, tapi hanya dua yang mengenai sasaran. Villarreal juga sama. Dari 11 tembakan, hanya satu yang tepat sasaran. 

Adu penalti dimulai. Pemain kedua tim bergantian menjebol gawang dengan penuh percaya diri. Gerard Moreno membuka keunggulan Villarreal. Bola sepakannya mengarah ke kanan gol. Juan Mata juga sukses menyarangkan gol, lalu Pau Torres, Alex Teles, hingga algojo penalti jatuh ke tangan kiper.

Geronimo Rulli seolah lupa dengan posisinya. Bak striker, ia begitu percaya diri dan sukses melemahkan David de Gea. De Gea akhirnya menjadi penentu laga ini.

Sayangnya, Kiper asal Spanyol itu terlalu lemah melepaskan tembakan. Akhirnya, bola dengan mudah ditangkap oleh Rulli dan Villarreal memastikan juara dengan kemenangan 11-10.

Susunan Pemain

Villarreal (4-4-2): Geronimo Rulli; Juan Foyth, Raul Albiol, Pau Torres, Alfonoso Pedraza; Yeremi Pino, Etienne Capoue, Dani Parejo, Manu Trigueros; Gerard Moreno, Carlos Bacca.

Pelatih: Unai Emery

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Eric Bailly, Victor Lindelof, Luke Shaw; Paul Pogba, Scott McTominay; Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Mason Greenwood; Edinson Cavani.

Pelatih: Ole Gunnar. (*/rur)

Pos terkait