Tips Jaga Kesehatan Ginjal Pada Anak, Apoteker: Minum Air Putih Jangan Sampai Dehidrasi

Nur Chasanah, tips jaga kesehatan dari
Nur Chasanah, tips jaga kesehatan dari ginjal pada anak salah satunya berikan air putih yang cukup sejak usia dini dan jangan dehidrasi.-Bambang Dwi Atmodjo-

JAKARTA -– Gagal ginjal akut pada anak menjadi momok yang menakutkan bagi orang tua di Tanah Air pada saat ini. Bagaimana tidak, menurut Menkes saat ini terdapat 241 kasus gagal ginjal akut di Indonesia di 22 Provinsi dengan korban meninggal mencapai 133 jiwa hingga Jumat 21 Oktober 2022.

Menurut Apoteker, Nur Chasanah, S.Farm, kondisi ini dapat dihindari dengan beberapa langkah yang tidak sulit. Salah satu tips jaga kesehatan dari ginjal pada anak, di mana setiap orang tua harus membiasakan anak-anak diberikan air putih yang cukup sejak usia dini karena bagus untuk kesehatan tubuh.

Bacaan Lainnya

Yang perlu diingat dibiasakan anak kecil itu diberikan air putih yang cukup, kebanyakan kalo anak setelah minum obat lalu minum air putih secukupnya. “Selain itu tidak dibiasakan minum air putih itu setiap waktu, kita aja sebagai orang dewasa satu hari harus minum air putih yang cukup,” tambahnya.

Masih dengan Nur, yang perlu diperhatikan pada anak kecil sejak dini harus dikasih air putih agar nanti terbiasa dan itu juga sangat menyehatkan tubuh. Jika anak mengalami demam yang masih bisa ditangani, hal yang utama yaitu mengompresnya dengan air hangat dan jangan dipakaikan baju yang ketat.

Tujuannya orang tua tidak memberikan obat sembarangan, jika orang tua takut anaknya terjadi sesuatu hal tidak diinginkan segera dibawa ke dokter untuk dikonsultasikan dan diberikan obat yang aman.

Jika anak punya gejala demam, jangan beli obat sembarangan dan lebih baik ke dokter terlebih dahulu, itu yang utama. Anak demam yang masih bisa ditangani contoh panasnya mencapai 37 derajat celcius, yang pertama dilakukan dikompres dengan air hangat dahulu dan jangan dipakai baju yang ketat atau tebal.

Menggunakan baju harus longgar bertujuan agar panasnya dapat menguap. Selain itu di bantu dengan minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi, sebenarnya demam itu sebuah tanda bahwa di dalam tubuh ada benda asing.

Oleh sebab itu saat tubuh mengeluarkan zat asing tersebut, tubuh menjadi demam. Jika masyarakat masih takut dengan maraknya sirup yang disinyalir mengandung zat berbahaya bisa dianjurkan untuk berobat ke dokter nanti dokter akan memberikan obat yang aman.

Nur menjelaskan bahwa air putih, ASI ibu dan air kelapa juga bagus untuk kesehatan tubuh pada anak, dan jangan dibiarkan anak tersebut dehidrasi. “Akan tetapi tidak semua obat herbal itu aman untuk digunakan, jangan mentang-mentang obat herbal dan diklaim aman,” jelas Nur pada disway.id pada Jumat, 21 Oktober 2022.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *