Soal Bantuan Gempa Cianjur, Pemkab Cianjur Gandeng Kejari Awasi Penyaluran Bantuan

Bupati Cianjur Herman Suherman
Bupati Cianjur Herman Suherman memberikan keterangan pers tentang perkembangan terkini penanganan gempa di Cianjur, di di Pendopo Kantor Bupati Cianjur, Kamis (1/12/2022). (ANTARA/Ajat Sudrajat)

CIANJUR — Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menggandeng kejaksaan negeri (kejari) setempat untuk mengawasi penyaluran bantuan berupa uang dari para donatur kepada korban gempa bumi di daerah itu agar tidak menyalahi aturan hukum.

“Untuk penyaluran dana dari para penyumbang, itu kita sifatnya transparan. Dan juga kita untuk penyalurannya ini dikoordinasikan dengan Pak Kajari (Cianjur, red.),” kata Bupati Cianjur Herman Suherman saat memberikan keterangan pers di Pendopo Kantor Bupati Cianjur di Cianjur, Kamis.

Bacaan Lainnya

Dia menuturkan jumlah bantuan berupa uang yang terkumpul dari para donatur yang masuk Posko Pemkab Cianjur hingga saat ini sudah mencapai Rp8 miliar. “Untuk bantuan-bantuan, baik keuangan atau barang yang diterima oleh posko pemerintahan daerah, untuk keuangan tadi saya sudah mendengar ancer-ancer sekitar Rp8 miliar,” kata dia.

Rencananya, kata Bupati Herman, pada Jumat (2/12) pihaknya akan memberikan penjelasan lengkap soal donasi yang terkumpul dari para donatur untuk korban gempa Cianjur. “Insyaallah besok, saya akan sampaikan jumlah pastinya berapa, dari mana saja sumbernya dan belanja direncanakan untuk mana saja. Kita sistemnya terbuka dan itu tadi pendampingan oleh Kajari Cianjur langsung,” kata dia.

Rencananya, Kamis, pukul 19.00 WIB, Bupati Cianjur akan menggelar rapat dengan Kajari Cianjur terkait mekanisme penyaluran bantuan korban gempa.

Pos terkait