Simak Pengangkatan Honorer Menjadi PPPK Tahun 2024 Tanpa Ujian, Prosedur Harus Dilalui

Proses pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK tetap melibatkan evaluasi kinerja oleh BKN untuk memastikan kualitas dan profesionalisme ASN
Proses pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK tetap melibatkan evaluasi kinerja oleh BKN untuk memastikan kualitas dan profesionalisme ASN

JAKARTA — Salah satu topik yang menarik perhatian masyarakat adalah proses pengangkatan tenaga honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tanpa melalui ujian seleksi.

Langkah ini diambil sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang melibatkan tenaga honorer. Hal ini sejalan dengan ketentuan yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 mengenai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa pengangkatan honorer tanpa ujian bukan berarti dilakukan tanpa adanya persyaratan dan prosedur tertentu.

Terdapat ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi, yang diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 648 tahun 2023 yang menetapkan Mekanisme Seleksi PPPK Jabatan Fungsional.

Dalam ketentuan ini dijelaskan bahwa tenaga honorer dapat diangkat menjadi PPPK tanpa harus mengikuti ujian seleksi untuk tahun 2024, namun mereka tetap harus memenuhi persyaratan dan kriteria yang telah ditetapkan.

Berikut adalah syarat dan kriteria yang harus dipenuhi oleh tenaga honorer agar dapat menjadi PPPK tanpa melalui ujian seleksi untuk tahun 2024.

Kriteria dan Persyaratan

Kriteria dan persyaratan bagi tenaga honorer yang berpotensi menjadi PPPK tanpa harus mengikuti ujian seleksi untuk tahun 2024 adalah sebagai berikut.

1. Memiliki status sebagai tenaga honorer kategori I, yang berarti telah bekerja sebelum tanggal 31 Desember 2005 dan terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

2. Memiliki status sebagai tenaga honorer kategori II, yang berarti telah bekerja sebelum tanggal 1 Januari 2014 dan terdaftar dalam database BKN.

3. Memiliki status sebagai tenaga honorer kategori III, yang berarti telah bekerja sebelum tanggal 1 Januari 2019 dan terdaftar dalam database BKN.

4. Memiliki pengalaman kerja minimal selama 10 tahun secara terus menerus atau tidak terputus hingga tanggal 31 Desember 2023.

5. Memiliki usia maksimal 57 tahun pada tanggal 31 Desember 2023.

6. Memiliki pendidikan yang sesuai dengan jabatan fungsional yang akan diemban.

7. Memiliki sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi yang relevan dengan jabatan fungsional yang akan diemban.

8. Memiliki catatan prestasi kerja yang baik dan tidak pernah terkena hukuman disiplin.

Proses Pengangkatan

Proses pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK tanpa harus melalui ujian seleksi untuk tahun 2024 dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Instansi pemerintah yang membutuhkan PPPK untuk jabatan fungsional tertentu mengajukan permintaan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui aplikasi elektronik yang disediakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *