Ridwan Kamil Ungkap Perubahan PPDB SMA SMK Tahun Ini, Begini Katanya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi SMKN 9 Bandung, Senin 9 Mei 2022.--Jabarprov

BANDUNG — Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMA SMK SLB sederajat 2022 ini terdapat beberapa perubahan. Perubahan yang dimaksud yaitu, sistem zonasi dan Sekolah Luar Biasa (SLB) tidak lagi menggunakan sistem zonasi.

“Zonasi akan diperluas, keterlibatan swasta dalam PPDB di ikut sertakan, SLB tidak perlu pakaian zonasi. Jadi intinya di 2021 yang bagus di pertahankan,” ujar Emil sapaan akrabnya seusai membuka PPDB tahun 2022 di SMKN 2 Bandung, Selasa 17 Mei 2022.

Bacaan Lainnya

Selain kedua kabar baik tersebut, yakni perluasan sistem zonasi dan penghapusan zonasi bagi tingkat SLB. Dalam proses pelaksanaan PPDB Ridwan Kamil juga menambahkan akan melakukan pemantauan jika nantinya ada indikasi pungutan liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dengan kata lain, Emil menegaskan dalam pelaksanaan PPDB tahun 2022 ini wilayah Jawa barat siaga satu terhadap pungutan liar atau biasa disebut pungli.

“Kami juga siaga satu urusan PPDB, karena kita ada tim Cyber Pungli yang sudah disiapkan untuk memantau jika ada upaya-upaya dari pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mensiasati aturan yang sudah adil ini,” katanya.

Selain itu, Ridwan Kamil juga mengatakan bahwa pada periode pembelajaran tahun 2022 nanti, SMK di Jawa barat akan memulai berbasis industri, seperti adanya kurikulum Shopee, Hyundai dan Samsung yang dilahirkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar. “Jadi sentuhannya gimana mereka, yang hafal (dengan) dunia industri. Dan ini terobosan supaya SMK atraktif,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan