Ingin Rezeki Hingga Kebaikan Dunia-Akhirat,Pastikan Doa Ini Jangan Terlewat

berusaha mencari rezeki sesuai
Ilustrasi, berusaha mencari rezeki sesuai yang Allah ridhoi (foto : Towfiqu barbhuiya-Unsplash)

JAKARTA — Muslim yang baik ialah selalu berusaha konsisten dalam ketaatan dan ia tak pernah putus dalam berdoa. Ingat, loh, Allah Subhanahu wa ta’ala itu Maha Baik. Jadi jangan ragu dan sungkan untuk memohon, ya.

Ini menjadi pengingat bagi kita semua, terkadang kita terlalu fokus dengan urusan yang sifatnya hanya duniawi saja. Kerja keras semata-mata hanya untuk memenuhi keinginan, tetapi lupa akan kebutuhannya. Tentu tak semuanya begitu.

Hanya saja, dari apa yang selalu kita usahakan, lebih banyak gagalnya daripada keberhasilan. Kenapa?

Islam berdiri di atas segala ridho Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW diutus untuk memahami semua manusia bahwa ada Dzat yang berhak untuk diketahui, segala sifat dan nama-namanya, ialah Allah.

Satu konsep yang Allah tanamkan kepada Rasulullah adalah jangan pernah berbuat syirik, yakni menyembah kepada selain Allah. Lalu turunan selanjutnya adalah berpasrah diri hanya kepada Allah, menyerahkan segala urusan kembali kepada-Nya.

Inilah konsep dan skema yang Allah inginkan untuk semua makhluk ciptaan-Nya. Hal ini lagi-lagi berkaitan langsung dengan rezeki, yang sejatinya bukan hanya soal materi saja. Melainkan banyak sekali rezeki yang Allah turunkan ke muka bumi ini.

Ajaran pertama yang Allah perintahkan kepada Nabi Muhammad adalah berdoa (berdzikir) atau mengingat Allah. Dzikir adalah konsepnya dan berdoa adalah prakteknya. Kita yakini bahwa semua usaha yang kita lakukan pasti Allah ridhoi, selama itu adalah kebaikan.

Mencari nafkah lahir adalah kebaikan dan merupakan kewajiban. Namun, untuk memulainya kita kerap melupakan satu hal yang sangat Allah inginkan, yakni berdoa. Keberhasilan yang nyata bukan berangkat dari sebuah kegagalan. Tetapi sebaliknya, kegagalan yang sudah mengantarkan kita untuk ingat Allah.

Dari mengingat Allah, bukankah seseorang akan berdoa; diawali dengan salat dan memohon kepada Allah. Oleh karena itu, serahkan semua urusan termasuk pekerjaan untuk mencari nafkah lahiriyah, kembali kepada Allah. Kita hanya perlu berdoa dan berusaha.

Memohon Rezeki Hingga Kebaikan Dunia Akhirat. Ingat, kan, Allah itu Maha Baik? Dia sudah mengajarkan Rasul-Nya perihal doa, mulai dari meminta rezeki hingga kebaikan dunia akhirat hanya dalam satu kali ungkapan. Doa atau dzikiran ini bagus untuk diamalkan dalam kondisi apapun, baik kelapangan maupun kesempitan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan