PSBB, Indonesia Terserah, Masyarakat Ngeyel Para Medis Geleng-geleng

  • Whatsapp
Pengunjung Pasar Anyar membeludak di saat PSBB, Minggu (17/5). Foto: Radar Bogor

RADARSUKABUMI.com – Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran Covid-19 sepertinya tidak diindahkan oleh masyarakat. Bahkan, para tenaga medis pun geleng-geleng kepala melihat masyarakat yang tidak mematuhi kebijakan physical distancing dengan memposting tagar #IndonesiaTerserah di media sosial.

Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna mengatakan bahwa ulah masyarakat yang tidak patuh tersebut di karenakan sifat warga Indonesia yang memang susah untuk diatur. Hal itu pun mempengaruhi penerapan dan kesuksesan dari PSBB.

Bacaan Lainnya

“Boro-boro disiplin, orang Indonesia lebih banyak buat aturan sendiri daripada mendengarkan dan mentaati aturan pemerintah. Faktor budaya, faktor sikap mental kita yang senengnya dari dulu buat aturan sendiri,” terangnya ketika dihubungi JawaPos, Kamis (21/5).

Kemudian adanya momen lebaran pun juga menjadi faktor masyarakat tetap nekat keluar rumah. Pasalnya, ketika bulan Ramadan biasanya masyarakat sering menjadikannya sebagai momen kumpul keluarga atau teman serta membeli pakaian baru.

“Jadi di situ masalahnya, terjadinya bentuk-bentuk kegiatan yang diluar aturan itu karena ada persoalan kultural,” tambahnya

Namun, apabila momen ini sudah terlewat, ia meyakini bahwa masyarakat akan lebih patuh kepada kebijakan pemerintah. Namun, pemerintah pun harus lebih tegas dalam melakukan penindakan kepada para pelanggar yang tidak mematuhi aturan physical distancing.

“Lebaran kan kebiasaan kita pake baju baru. Kalau sudah lewat, berkurang, bisa diatur, ini karena mendekati pas lebaran,” ujarnya.

Seperti diketahui, tagar #IndonesiaTerserah menjadi topik yang belakangan ini ramai dibicarakan oleh publik. Topik tersebut muncul di antaranya dibagikan oleh para tenaga medis yang seolah sudah terserah dengan segala sikap masyarakat yang cenderung seperti tidak lagi mempedulikan adanya pandemi Korona.

Topik itu sendiri menggema sejak Jumat (15/5) usai viral adanya kerumunan masyarakat saat penutupan McD Sarinah, keramaian di terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta dan yang terbaru adalah masyarakat yang berbondong-bondong berbelanja di Mal CBD Ciledug. (jpg)

Pos terkait

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *