Mensos : Puluhan Juta Data Penduduk Ganda, Penyebabnya ?

  • Whatsapp
Mensos
Menteri Sosial, Tri Rismaharini/Net

JAKARTAMenteri Sosial, Tri Rismaharini, mengakui adanya puluhan juta data yang diduga ganda sehingga perlu diverifikasi lebih lanjut. Untuk itu, data penerima bantuan sosial (bansos) di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan Level 3 Segera diperbaiki pemerintah.

“Sehingga sempat kemarin saya sampaikan, kita menidurkan 21 juta data karena ada ganda dan sebagainya,” ujar Risma dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (26/7).

Bacaan Lainnya

Dari situ, Risma menyampaikan komitmennya untuk memperbaiki data penerima bansos agar tepat sasaran. Katanya ada tiga langkah yang dilakukan Kementerian Sosial. “Kami memperbaiki kualitas data kami untuk supaya lebih akutabel. Yaitu pertama kami mensinkronkan seluruh data yang ada di Kemensos dan memadankan dengan data kependudukan,” paparnya.

Langkah kedua, lanjut mantan Wali Kota Surabaya ini, adalah dengan memperbaiki mekanisme penyaluran bansos. Yaitu, sejak Januari hingga hari ini, khusus penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dilakukan secara transfer oleh himpunan bank negara (himbara) dan kemudian warga bisa mengambil di bank.

“Khusus untuk pengadaan beras (untuk tambahan bantuan di masa PPKM Darurat) dilakukan oleh Bulog. Bulog langsung mengirimkan ke keluarga penerima maanfat (KPM),” imbuh Risma.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *