Kemenhub Bentuk Tim Ad Hoc

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyesalkan lemahnya pengawasan petugas di Danau Toba. Meski Kemenhub telah melarang operasi kapal-kapal penumpang di seluruh Danau Toba pascatragedi yang menimpa KM Sinar Bangun Senin lalu (18/6), nyatanya masih ada kapal yang nekat berlayar. “Saya sangat menyayangkan petugas syahbandar tidak berfungsi dengan baik,” kata Budi kemarin.

Sebenarnya, larangan telah dilakukan di lima dermaga di Danau Toba. Yakni, Ambarita, Ajibata, Simalino, Tigaras, dan Muara. Tapi, di luar itu, masih banyak dermaga kecil milik masyarakat. KM Ramos Risma Marisi adalah salah satu kapal dari dermaga kecil di Pulau Sibandang, di sebelah selatan Danau Toba.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Menhub membentuk sebuah tim ad hoc yang beranggota gabungan dari Kemenhub dan KNKT. Tim tersebut akan dipimpin pejabat setingkat eselon III. Ada beberapa tugas untuk tim itu. Pertama adalah menggantikan sementara fungsi-fungsi pengawasan yang selama ini tidak dilakukan Dishub Provinsi Sumatera Utara. “Tim ad hoc akan berfungsi selama dua minggu sampai sebulan,” jelas Budi.

Selain itu, tugas tim ad hoc adalah me-restart kembali operasi penyeberangan penumpang di Danau Toba. Tugas ketiga adalah bekerja sama dengan KNKT untuk meneliti apa saja yang kurang dari pengelolaan pelabuhan untuk kemudian direkomendasikan ke Kemenhub. Dalam situasi otonomi daerah, pengelolaan pelabuhan terbukti melempem.

Budi juga berencana mengaplikasikan badan pengawas semacam ad hoc itu ke pelabuhan penyeberangan lain di seluruh Indonesia. “Di Sumatera seperti Danau Toba, di Kepulauan Riau, Sungai Musi di Palembang, di Kalimantan juga seperti di Pontianak, Samarinda, dan Banjarmasin,” sebut Budi.

Sebagaimana diwartakan, KM Ramos Risma Marisi yang berpenumpang lima orang mengalami mati mesin pada Jumat malam (22/6) setelah menabrak bambu yang mengapung. Salah seorang penumpang, Ama Monang Lumban Raja, menyuruh Joifan Situmorang dan Rahmat Dani masuk ke dalam air untuk melihat kipas kapal. Saat itu kapal sudah terdampar ke pinggir danau.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.