Dubes Arab Saudi : Indonesia Tak Dapat Kuota Haji Hoax, Ini Surat Klarifikasi Ke DPR

  • Whatsapp
Dutabesar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Ahmed Abid Al-Thaqaf/Net

JAKARTA — Dutabesar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Ahmed Abid Al-Thaqafi memberikan klarifikasi atas beredarnya informasi bahwa Indonesia tidak mendapatkan kuota unjuk haji pada tahun ini.

Klarifikasi tersebut disampaikan oleh Dubes Essam dalam suratnya kepada Ketua DPR RI Puan Maharani tertanggal 3 Juni 2021.

Bacaan Lainnya

Dalam suratnya, Dubes Essam menyoroti pemberitaan yang mengutip pernyataan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan.

Sufmi Dasco menyebut Indonesia tidak memperoleh kuota haji untuk tahun ini. Sementara Ace Hasan mengatakan ada 11 negara yang telah memperoleh kuota haji, tidak termasuk Indonesia.

“Saya ingin memberitahukan kepada Yang Mulia, bahwa berita-berita tersebut tidaklah benar dan hal itu tidaklah dikeluarkan oleh otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi,” ujar Dubes Essam dalam suratnya yang dilihat Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (4/6).

Ia mengatakan, saat ini otoritas Arab Saudi belum mengeluarkan instruksi apapun berkenaan dengan pelaksanaan haji untuk tahun ini, baik bagi para jemaah haji Indonesia atau jemaah haji lainnya dari seluruh negara di dunia.

Untuk itu, ia berharap, agar anggota dewan dapat melakukan komunikasi dengan kedutaan atau otoritas resmi lainnya untuk mendapatkan informasi yang valid.

“Saya berharap agar kiranya dapat melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak kedutaan atau otoritas resmi lainnya, baik di Kerajaan Arab Saudi atau di Indonesia, guna memperoleh informasi dari sumber-sumber yang benar yang dapat dipercaya,” pungkasnya.

Pemerintah Indonesia, melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 660/2021, memutuskan untuk tidak memberangkatkan para celon jemaah haji ke Arab Saudi untuk tahun ini dengan pertimbangan situasi pandemi Covid-19 yang belum membaik.(Rmol)

Pos terkait