NASIONAL

Begini Reaksi Keras Fahri Hamzah,Ketika Cadar Mulai DiLarang

Kebijakan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta yang melarang mahasiswinya menggunakan cadar di lingkungan kampus menuai kecaman. Salah satunya dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah.

Dia menyatakan keberatan jika nantinya peraturan itu benar diberlakukan di kampus itu. Menurut Fahri, larangan tersebut telah merampas hak asasi mahasiswi di kampus tersebut.

“Padahal itu kan pilihan pribadi yang damai. Ada perempuan, dia enggak mau orang lihat badan dia. Dan dia ingin mengontrol sendiri badan dia, karena buat dia, itulah kebebasan dia.

‘Saya enggak mau dilihat orang’, gitu kan?” kata Fahri di Gedung DPR-RI, Jakarta, Selasa (6/3).

Fahri lebih lanjut mengatakan, bahkan di negara liberal pun jarang ditemukan larangan bercadar. Dia menyayangkan, justru di Indonesia, negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai Ketuhanan malah ada kebijakan kampus seperti itu.

“Maksud saya begini. Ini otak-otak sempit kayak begini, itu berbahaya. Karena dia datang membangun persepsi sendiri tentang nilai-nilai agama,” ucap Fahri.

Sebagai informasi, Kebijakan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta soal larangan bercadar itu diperkuat dalam Surat Edaran Nomor B-1301/Un.02/R/AK.00.3/02/2018 perihal Pembinaan Mahasiswa Bercadar.

Pihak kampus beralasan, kebijakan tersebut diterapkan lantaran sebagai kampus negeri, UIN Sunan Kalijaga berdiri sesuai Islam yang moderat atau Islam nusantara.

Artinya, Islam yang juga mengakui Undang-undang Dasar 1945, Pancasila, Kebhinnekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai konsensus dasar.

(aim/jpg/pojoksatu)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button