Walikota Sukabumi Dukung Gerakan Literasi Sambut Indonesia Emas 2045

walikota sukabumi
KUNJUNGAN: Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi menghadiri Festival Literasi Kota Sukabumi tahun 2022 di halaman Kantor Dispusip Kota Sukabumi, Rabu (27/7). FT: IST

SUKABUMI — Upaya mendorong majunya peradaban melalui gerakan literasi, Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Sukabumi mengelar Festival Literasi Kota Sukabumi tahun 2022 di halaman Kantor Dispusip Kota Sukabumi, Rabu (27/7).

Kegiatan bertajuk ‘Cerdas Literasi Cerdas Bangsaku’ ini, dibuka langsung Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan dihadiri Bunda Literasi Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, dan penggiat literasi Laksamana Madya TNI (Purn) Achmad Taufiqoerrochman.

Bacaan Lainnya

Dalam festival tersebut diadakan pula berbagai lomba yakni mewarnai untuk TK/RA, Story tellling tingkat SD/MI, lomba film video promosi perpustakaan tingkat SMP/MTs, lomba review buku bentuk video tingkat SMA, MA/SMK. Berikutnya Lomba membuat artikel tingkat perguruan tinggi, lomba cipta lagu literasi untuk masyarakat. ”Literasi adalah gerakan yang sudah dimulai sejak peradaban Islam dan dalam peradaban Islam ada dua hal yang ditinggalkan,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Dua peninggalan itu yakni infrastruktur fisik adalah bangunan luar biasa indah dan kedua literasi yang ada sejak zaman Rasulullah. Itulah sebabnya kata Fahmi, semangat pemerintah pusat, provinsi hingga kota menggerakan literasi. Sebab tidak mungkin peradaban maju tanpa menggerakan literasi.

”Saya berharap festival ini dalam kerangka membangkitkan peradaban di negeri tercinta dalam menyambut Indonesia emas 2045. Hal ini karena tidak ada kata lain menggerakan literasi dalan berbagai bentuk untuk bangkit di Indonesia emas 2045,” terang Fahmi.

Pemkot lanjut Fahmi, mempunyai program unggulan salah satunya gerakan literasi dan berbagai elemen dapat memberikan berbagai dukungannya. Dengan gerakan literasi ditargetkan dapat melahirkan generasi terbaik, berbudaya dan beradab karena berawal dari literasi.

Fahmi juga memotivasi camat dan lurah mencontohkan kepada masyarakat agar aktif di literasi. Di sisi lain pemda juga akan menambah spot literasi misalnya saung literasi ada galeri literasi agar warga makin mencintainya. ”Mari bangkit pasca pandemi dan lakukan rocovery. Di mana di akhir 2021 perpustakaan kembali dibuka untuk publik berkunjung setelah sebelumnya dibatasi terdampak pandemi, ”imbuh Fahmi.

Namun sekarang ada literasi digital seiring dengan masa pandemi. Sehingga Kota Sukabumi mempersiapkan literasi digital untuk warga. Laksamana Madya TNI (Purn) Achmad Taufiqoerrochman memberikan apresiasi atas gerakan literasi di Kota Sukabumi. Misalnya dengan adanya galeri literasi ini bisa memajukan bangsa. ”Saya sering datang ke perpustakaa meminjam buku dan sangat diburuhkan dan apresiasi langkah wali kota dalam literasi dan ingin berperan membangun literasi,” ungkap Achmad Taufiqoerrochman. Pada momen ini beliau juga memberikan bantuan buku kepada galeri literasi. (*/why)

walikota sukabumi

KUNJUNGAN: Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi menghadiri Festival Literasi Kota Sukabumi tahun 2022 di halaman Kantor Dispusip Kota Sukabumi, Rabu (27/7). FT: IST

Pos terkait