SIBAT PMI Kota Sukabumi Gencar Promosi Kesehatan Covid-19 Hingga PSN Cegah DBD

  • Whatsapp

SUKABUMI, RADAR SUKABUMI – Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Kota Sukabumi yang tersebar di seluruh kecamatan se-kota Sukabumi gencar memberikan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya melakukan promosi kesehatan Covid-19 dan pencegahan penyebaran demam berdarah dengue (DBD) yang saat ini menjadi ancaman penyakit yang muncul pada hampir setiap musim pancaroba.

 

Bacaan Lainnya

Seperti yang dilakukan oleh Relawan SIBAT di Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi dengan melakukan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus di lingkungan masyarakat.

 

PSN 3M Plus ini diantaranya, menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

 

Anggota Relawan SIBAT Kelurahan Cisarua, Ade Saryanti mengatakan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dilakukan rutin oleh relawan PMI kelurahan Cisarua bersama, Satgas Jumantik, petugas puskesmas yang juga didukung oleh Relawan PMI lainnya.

 

“Upaya PSN kami lakukan rutin dan berharap menjadi salah satu media efektif dalam memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk,” katanya.

 

Ia menambahkan, dalam pelaksanaannya dengan cara membersihkan dan menguras bak yang diidentifikasi menjadi sarang jentik nyamuk.

 

“Bersihkan barang-barang yang tidak terpakai, kuras secara rutin tempat penampungan air dan sebagainya,” kata dia.

 

“Cek semua tempat penampungan air yang menjadi wadah nyamuk untuk berkembang biak,” sambungnya. (izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *