Ratusan Relawan SIBAT PMI Kota Sukabumi Diasah Keterampilan dan Kesiapsiagaan Bencana

SUKABUMI – Ratusan anggota Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Kota Sukabumi mengikuti kegiatan Kemah Peningkatan Kapasitas yang digelar di kawasan Puncak Belendung Goalpara, Kecamatan Kabupaten, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Sabtu hingga Minggu, 19-20 Maret 2022.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan mengasah ketrampilan relawan Sibat PMI di masyarakat dalam upaya kesiapsiagaan bencana di lingkungannya masing masing,” kata Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Suranto mengimbau kepada seluruh relawan SIBAT untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaannya. Terlebih saat ini berdasarkan informasi dari BMKG dan BPBD akan memasuki ke transisi masuk ke musim kemarau.

Menurutnya keberadaan Relawan Sibat merupakan modal sosial masyarakat di kecamatan dan kelurahan dan menjadi garda terdepan PMl ketika terjadi bencana di wilayah masing-masing serta pemberdayaan sosial di masyarakat.

“Mereka memahami secara langsung kapasitas, kerentanan, risiko serta ancaman bencana yang ada di wilayahnya. Mereka juga motor penggerak kegiatan PMI di masyarakat,“ ujar Suranto.

Dia melanjutkan, peningkatan kesiapsiagaan sangat penting. Berkaca dari berbagai kejadian dan pengalaman hampir semua wilayah kota sukabumi merupakan zona rawan potensi bencana

Selanjutnya Suranto berharap melalui kemah penguatan kapasitas Sibat , seluruh relawan SIBAT se-kota Sukabumi akan semakin terampil tentang terutama dalam kontek manajemen pengurangan risiko bencana (PRB), tanggap darurat bencana dan keterampilan pendukung lainnya seperti pertolongan pertama sehingga siap saat kapapun apabila dibutuhkan

“Mereka dilatih untuk melakukan kajian terhadap bahaya atau ancaman, kerentanan, kapasitas serta risiko dengan pendekatan partisipatif dan meningkatkan koordinasi bersama dengan pemangku kebijakan di Kelurahan atau kecamatan,” imbuh Suranto.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, selain dilaksanakan Apel akbar kesiapsiagaan dalam kegiatan ini para Relawan SIBAT juga ditampilkan simulasi manajemen tanggap darurat bencana, serta penampilan ketrampilan potensi SIBAT di setiap kelurahan masing masing. (izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan