Polresta Sukabumi Genjot Vaksinasi Mobile

  • Whatsapp
VAKSIN: Polres Sukabumi Kota saat menggelar vaksin mobile di Posyandu Delima 3 RW3 Kelurahan/Kecamatan Baros, Senin (7/6).

SUKABUMI — Polres Sukabumi Kota, kembali menggelar vaksinasi mobile dengan menyasar para lanjut usia (Lansia) yang diselenggarakan di Posyandu Delima 3 RW3 Kelurahan/Kecamatan Baros, Senin (7/6).

Dalam pelaksanaanya, Polsek Baros bekerjasama dengan Puskesmas dan unsur Muspika Kecamatan Baros dengan diikuti 20 peserta dari warga yang merupakan Lansia langsung disuntik vaksin oleh petugas vaksinator yang telah disiapkan vaksinasi mobile tersebut. Usai mengikuti vaksinasi, sejumlah warga Lansia dibekali paket sembako yang telah disiapkan Polres Sukabumi Kota.

Bacaan Lainnya

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni mengatakan, vaksinasi mobil dilakukan untuk membantu pemerintah dalam akselerasi vaksinasi bagi Lansia.

“Berdasarkan hasil koordinasi kami dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dari data yang diberikan bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk Lansia, presentasenya sangat rendah, dari data yang ada, hanya 19 persen untuk vaksinasi tahap pertama kemudian ditahap kedua baru 11,8 persen,” kata Sumarni kepada wartawan, Senin (7/6).

Sebab itu, lanjut Sumarni, Polres Sukabumi Kota mencoba membantu Pemkot Sukabumi untuk akselerasi pelaksanaan vaksinasi Lansia.

“Makanya kami mendatangi para Lansia, jadi mereka tidak perlu datang ke tempat yang sudah disiapkan tapi petugas yang mendatangi lokasi mereka,” ujarnya.

Sumarni menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi mobile bagi Lansia tersebut dinilainya berhasil untuk mempercepat program vaksinasi bagi Lansia.

“Alhamdulilah hari ini sudah terlaksana untuk 20 Lansia yang divaksinasi di RW 03 di Kelurahan Baros dan ini akan terus dilakukan untuk kelurahan lainnya yang pelaksanaan vaksinasi Lansia nya masih rendah. Semoga kegiatan ini bisa membantu pemerintah kota bersama dengan warganya kita sama-sama mencegah terpaparnya Covid-19 kepada warga,” jelasnya.

Sumarni mengingatkan, masyarakat yang telah menjalani vaksinasi agar tidak terlena, melainkan harus tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan di setiap aktifitasnya.

“Pelaksanaan vaksinasi ini bukan berarti protokol kesehatannya menjadi lengah. Kami juga menyampaikan agar warga masyarakat tetap mematuhi 5M untuk ikhtiar selain vaksinasi. Jadi kita harus benar-benar disiplin untuk melaksanakan ini agar Covid-19 tidak terpapar di warga kita masing-masing,” imbuhnya.

Terkait paket sembako yang diberikan kepada warga Lansia peserta vaksinasi mobile, Sumarni menerangkan, hal tersebut merupakan salah satu motivasi yang diberikan Polres Sukabumi Kota untuk membantu meringankan beban masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

“Kami memberikan bantuan, juga disupport warga yang peduli terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Kita memberikan bantuan sembako untuk para Lansia yang sudah divaksinasi, barangkali bisa meringankan kehidupan mereka,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Sukabumi Andri Hamami mengapresiasi langkah Polres Sukabumi Kota dalam akselerasi vaksinasi bagi Lansia.

“Ini sangat membantu program Pemerintah Kota terutama secara nasional. Ini mendekatkan vaksinasi kepada masyarakat terutama yang Lansia ini belum tentu mereka bisa datang ke puskesmas atau ke sarana yang dipersiapkan oleh Pemda,” ucapnya.

Masih kata Andri, dengan adanya program ini para Lansia datang ke tempat vaksinasi. “Jadi mendekatkan vaksinasi kepada masyarakat, sehingga mereka tidak harus datang ke tempat yang disediakan Pemda yang jaraknya cukup jauh tapi dengan mobile ini kita dekatkan petugas vaksin kepada masyarakat,” pungkasnya. (bam/t)

Pos terkait