Penyuluhan Hukum Terus Digenjot

  • Whatsapp
DISKUSI: Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi, Een Rukmini saat ditemui diruang kerjanya.

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com– Bagian Hukum Polres Sukabumi Kota terus melakukan penyuluhan hukum kepada masyarakat. Penyeluhan yang dilakukan tersebut, mengenalkan produk-produk hukum dan Peraturan Daerah (Perda) yang sudah yang berlaku saat ini.

Peraturan daerah yang disampaikan kepada masyarakat ini, diantaranya Perda perda nomor 1 tahun 2018 tentang penyelenggaraan Metrologi Legal, perda nomor 11 Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang dan Perda tentang masalah kebakaran. Selain itu, materi tentang radikalisme juga disampaikan oleh menteri dari Polres Sukabumi Kota.

Bacaan Lainnya

Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi, Een Rukmini menjelaskan, semua perda yang di informasikan semuanya sudah berjalan. Seperti halnya dengan Perda tentang tera ulang, bahkan dalam diskusi penyuluhan, masyarakat baru tahu adanya perda tersebut. “Perda ini juga sudah berjalan, sebab sudah ada SDM nya yang baru dilantik untuk melaksanakan perda tersebut,” terangnya saat ditemui diruang kerjanya, belum lama ini.
Dalam penyuluhan kali ini, pihaknya juga berkolaborasi dengan Polres Sukabumi Kota, dimana pihak Polres menyampiakan tentang radikalisme. Sehingga, masyarakat dapat terhindar dari informasi ataupun pemberitaan yang hoaks. “Masyarakat bisa waspada jika menemukan bibit-bibit radikalisasi, terlebih saat ini pasca pemilu masyarakat harusharus mbak diajak bersatu,” ujarnya.

Selain melakukan penyuluhan tentang Perda, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi tentang web JDIH (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum). Web tersebut lanjut Een, untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, sebab nantinya masyarakat bisa langsung mencari produk hukum yang diperlukan. “Sebagai bentuk pelayanan ke masyarakat kita juga terus sosialisasikan keberadaan Wargi Hukum (Warung Bagian Hukum). Kami juga siap dipanggil bila ada RW atau RT ingin lebih tahu tentang Wargi Hukum ini, Sebab program ini selain untuk tempat konsultasi hukum, juga, bisa memfasilitasi dan menghadirkan pengacaranya untuk membantu proses permasalahan hukum yang sedang dialami oleh masyarakat tersebut. Dan itu gratis,”pungkasnya.

(upi/d)

Pos terkait

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *