Pengguna Parkir Liar di Kota Sukabumi, Sadarlah 

Parkir Liar di Kota Sukabumi
Sejumlah petugas Dishub Kota Sukabumi saat melakukan penindakan terhadap kendaraan yang parkir sembarangan

CIKOLE— Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi kembali menggalakan himbauan terhadap pengendara yang melakukan parkir sembarangan. Pasalnya, sejauh ini kesadaran para pengendara masih minim terbukti dengan masih banyaknya kendaraan yang terparkir zona larangan dengan terpasang rambu lalu lintas.

“Memang masih ada saja yang memarkirkan kendaraannya di zona larangan parkir, seperti hari ini ada dua kendaraan roda empat parkir di Jalan Syamsudin SH,” ungkap Kasi Pengendalian Operasi Lalulintas (Dalop) Dishub Kota Sukabumi, Agus Achmad ketika ditemui wartawan di Jalan Syamsudin SH, Senin (30/5).

Bacaan Lainnya

Lanjut Agus, para petugas Dishub kepada dua kendaraan yang tidak ditemui pemiliknya langsung memasang stiker larangan parkir. Dalam tulisan stiker tersebut bertuliskan ‘Anda Salah Parkir, Kami Harap ini Yang terakhir’ dan tertulis pula melanggar pasal 287 ayat (1) undang-undang nomor 22 Tahun 2019 tentang LLAJ.

Disisi lain kegiatan Gakum (Penegakan hukum) parkir yang dilakukan para petugas Dishub berdasarkan payung hukum Peraturan Daerah (Perda) Perhubungan nomor 5 Tahun 2108 didalamnya ada tentang penegakan parkir.

“Tindakan Gakum yang kita lakukan hanya sebatas teguran melalui penempelan stiker, penggembosan ban dan derek kendaraan. Apabila ditemukan pemilik kendaraannya kita langsung tegur,”tutur Agus.

Untuk penegakan hukum yang sifatnya penilangan karena melanggar parkir, Agus mengatakan hal itu ranahnya ada di jajaran Kepolisian. Zona larangan parkir juga ditandai di zona sepeda yang ada di jalan-jalan pusat Kota Sukabumi. Namun dalam setiap harinya masih saja ditemukan pelanggan tersebut.

“Zona larangan parkir untuk di Jalan Syamsudin berada di selatan tepatnya di zona sepeda, sedangkan Jalan Suryakencana ada di sebelah timur untuk zona larangan parkir semua kendaraan,”ungkapnya.

Agus juga mengakui ada beberapa kendala yang dihadapi yang membuat masih ada saja pemilik kendaraan sembarangan parkir, salah satunya rambu zona sepeda sudah mulai pudar.

Kepada para pemilik kendaraan yang telah diberikan peringatan melalui stiker yang ditempel di kendaraannya, Agus berharap ada kesadaran agar tidak melakukan kembali pelanggaran tersebut.

“Secara aturan kita punya payung hukum dalam penegakan Gakum, semoga masyarakat semakin sadar dan taat terhadap aturan,”ungkapnya. (*)

Parkir Liar di Kota Sukabumi
Sejumlah petugas Dishub Kota Sukabumi saat melakukan penindakan terhadap kendaraan yang parkir sembarangan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.