Pemkot Jadi Rujukan Dana Kelurahan

DISKUSI: Suasana diskusi antara Pemrintah Kota Sukabumi dan DPRD Kota Tangerang Selatan di ruang pertemuan Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

CIKOLE – Pemerintah Kota Sukabumi mendapatkan kunjungan dari DPRD Kota Tangerang Selatan. Kedatangan para legislator ini untuk berguru tentang persiapan penyaluran dana kelurahan yang digulirkan oleh pemerintah pusat pada tahun ini. Selanjutnya, Kota Tengsel bakal meniru persiapan bantuan dana kelurahan di Kota Sukabumi.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Saleh Makbullah menyambut baik kunjungan DPRD Kota Tangerang tersebut.

Bacaan Lainnya

Dalam diskusi itu, dibahas mengenai persiapan penyaluran dana kelurahan yang digulirkan oleh pemerintah pusat di tahun ini.

“Fokus dalam pertemuan itu tentang dana kelurahan yang ditujukkan untuk sarana dan prasarana kelurahan, tentunya kunjungan ini merupakan hal yang baik untuk saling bertukar informasi, ide dan gagasan,” jelasnya, kemarin (15/3).

Adapun persiapan yang sudah dilaksanakan Kota Sukabumi, lanjut Saleh, yakni mempersiapkan bendahara pembantu di setiap kelurahan.

Termasuk aturan pelimpahan kewenangan dari Wali Kota kepada para camat guna meminimalisir tumpang tindih dengan dinas atau instansi dan petunjuk pelaksanaan teknis di lapangan.

“Sejumlah persiapan ini diharapkan mampu mendukung pelaksanaan program dana kelurahan, sehingga kegiatan ini bisa tepat sasaran dan mengacu kepada ketentuan yang ada,” tutup Saleh.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan, Amar menjelaskan, dalam diskusi tersebut pihaknya mendapat ilmu dan wawasan yang baik mengenai persiapan penyaluran dana kelurahan.

“Kami mendiskusikan anggaran dana kelurahan yang baru pertama digulirkan pada 2019, cukup banyak ilmu dan gagasan baru yang kami terima,”ujarnya.

Menurut Amar, adanya bantuan dana kelurahan ini memerlukan diskusi dengan daerah lain salah satunya Kota Sukabumi. Soalnya bantuan dari pusat ini mengacu pada petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Dalam Negeri.

“Pelaksanaanya harus sesuai dengan tata kelola keuangan yang ada. Tangerang Selatan bisa mengikuti Kota Sukabumi dalam persiapan bantuan dana kelurahan karena Kota Sukabumi dinilai cukup baik,” pungkasnya. (upi/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan