Walikota Sukabumi Tekankan Pentingnya Gerakan Masyarakat Sehat

  • Whatsapp
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat membuka acara gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan pelaksanaan 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) di Puskesmas Cikundul, Kecamatan Lembursitu Rabu (21/10).

SUKABUMI – Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan dan meningkatkan cakupan indeks keluarga sehat (IKS) di Kota Sukabumi, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi berkomitmen dengan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan pelaksanaan 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) di Puskesmas Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Rabu (21/10).

Pada momen tersebut Fahmi menekankan pentingnya gerakan hidup sehat di masyarakat. “Warga harus terus diedukasi melaksanakan germas, karena pemda hanya stimulans sementara ujung tombak tetap di masyarakat,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Sehingga pemkot menggulirkan program STBM dalam peningkatan derajat kesehatan warga. Di mana pemerintah dan warga saling bahu membahu memperhatikan sanitasi.

Fahmi menuturkan, ada lima pilar dalam STBM yang merupakan perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Ke lima pilar itu yakni stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun (CTPS), dan pengelolaan Air minum di rumah tangga.

Dua pilar STBM lainnya yakni pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga. “Ketika lima pilar yang berhubungan dengan STBM disiplin dilakukan, maka kami berharap penyakit berbasis lingkungan hilang sedikit demi sedikit.

Target lainnya kata Fahmi, kelurahan di Kota Sukabumi dapat mewujudkan Open Defecation Free yang selanjutnya disebut sebagai ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Selain itu kata Fahmi, warga dapat membuat sumur resapan atau lubang biopori dalam kerangka ketersediaan air tanah. Upaya lainnya yakni dengan menggalakan pengelolaan atau pemilahan sampah dalam rangka menekan produksi sampah.

“Terakhir di tengah pandemi ini, mari sama-sama bangkit dengan pergerakan kemasyarakatan di bidang kesehatan,” pungkasnya. (Bal)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *