Pemerintah Kota Sukabumi

Tingkatkan Ibadah di Tengah Wabah, Bersedekah dan Peduli Kepada Sesama

Dewan Kemakmuran Mesjid  (DKM) Mesjid  Al-Ikhwan RSUD R. Syamsudin, SH. Kota Sukabumi

Di tengah adanya wabah covid-19, walaupun tidak sepenuhnya melaksanakan kegiatan rutin sosial-keagamaan di mesjid sebagaimana sebelum terjadinya wabah covid 19,  DKM Al-Ikhwan RSUD R. Syamsudin, SH. Kota Sukabumi dengan memperhatikan protokol kesehatan masih dapat menyelenggarakan kegiatan berbagi untuk sesama seperti; pembagian nasi barokah setiap hari jumat, pengadaan dan pembagian makanan ta’jil pada bulan Ramadhan, Pengumpulan Infaq dan Sodaqoh dari karyawan dan karyawati rumah sakit, pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah dan zakat mal dari karyawan dan karyawati rumah sakit. 

Nasi Barokah

Pengadaan nasi barokah dikelola oleh DKM bekerjasama dengan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) dan  IIDI (Ikatan Istri Dokter Indonesia), donasi dikumpulkan dari beberapa kalangan terutama dari karyawan dan karyawati rumah sakit yang dilaksanakan setiap hari jumat, paket nasi barokah disalurkan untuk penunggu pasien diutamakan pada penunggu pasien di kelas 3, dengan cara penunggu dikunjungi ke ruangan untuk dikasih kartu supaya dapat mengambil paket nasi barokah di tempat yang sudah ditentukan, setiap jumat rata-rata disediakan sebanyak 200 paket nasi barokah.

Makanan ta’jil pada bulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan yang baru saja lewat, DKM setiap hari menyediakan makanan ta’jil untuk umum yang dihimpun dari donasi karyawan dan karyawati rumah sakit. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan ramadhan, dan pada bulan ramadhan ini disediakan  sebanyak 100 s.d 150 porsi setiap hari dibagikan langsung menjelang waktu buka puasa kepada keluarga penunggu pasien, masyarakat sekitar rumah sakit dan beberapa karyawan rumah sakit,  tidak ada pelaksanaan buka bersama di masjid.

Infaq dan Sodaqoh

Pengumpulan Infaq dan Shodaqoh dari Karyawan dan karyawati Rumah sakit. Pada bulan ramadhan kali ini  terkumpul dana sebesar Rp. 83.426500,- yang digunakan untuk :

  • Pengadaan makanan tajil 100 porsi perhari
  • Pengadaan dan pembagian 500 paket Ramadahan 100.000/paket yang disalurkan kepada:
  • 236 mustahik internal RS (petugas parkir, pemakmur/marbot masjid/MT/TPQ, Pegawai taman, clining service (CS) dan karyawan outshorsing di rumah sakit).
  • 264 mustahik eksternal rumah sakit (orang-orang yang berhak menerimanya warga sekitar RS warga RW 07, RW 06, RW 05, RW 03 dan RW 06, Pemakmur masjid sekitar rumah sakit, mesjid Allatif, Nurul qur’an, sopir angkot dan ojeg di belakang rumah sakit).
  • Pengadaan 50 paket Ramadhan Rp. 100.000/paket untuk asatidz/ulama sebagai khotib jum’at di masjid Al-Ikhwan pada saat sebelum terjadinya wabah covid 19.

Pengumpulan Zakat

Pengumpulan zakat mal dan zakat fitrah dilaksanakan oleh UPZ, terdiri dari;

  1. Pengumpulan dan penyaluran Zakat fitrah

Pada bulan Ramadhan tahun ini zakat fitrah dari karyawan dan karyawati rumah sakit, terkumpul sebanyak Rp. 39.210.000 dari muzaki 1.307 orang.

  1. Pengumpulan dan Penyaluran zakat mal

Pengumpulan zakat mal rutin dilaksanakan setiap bulan dari karyawan dan karyawati yang bersedia untuk mengeluarkan zakat malnya melalui UPZ yang ada di lingkungan rumah sakit. Pada kesempatan bulan Ramadhan tahun ini terkumpul sebanyak Rp. 40.000.000,-

Zakat Fitrah dan zakat mal disalurkan kepada 1.456 orang mustahik sebagai berikut:

  • Mustahik internal Rumah Sakit, termasuk 30 pasien kls 3 Rp.100.000/orang.
  • Mustahik masyarakat sekitar RS
  • 30 yayasan, panti asuhan/panti jompo dan masyarakat sekitar kota dan kab. Sukabumi.

Mudah-mudahan segala amal ibadah kita semua diterima Allah SWT dan kita semua menjadi hamba-hambaNya yang bertaqwa, yang mendapatkan kebahagian dari Allah baik di dunia maupun di akhirat

Sedekah menolak bala

Allah ta’ala berfirman,

وَمَا أَنفَقْتُم مِّن شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rizki.” (QS. Saba’: 39)

Pada riwayat yang disampaikan oleh Imam Baihaqi, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.”

Kegiatan berbag

 

 

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button