Selama 2022, DPUTR Kota Sukabumi Bangun 300 RTLH

DPUTR Kota Sukabumi Yusup Chaery
Kasi fungsional Tata Bangunan dan Perumahan, DPUTR Kota Sukabumi Yusup Chaery saat menyerahkan bantuan RTLH secara simbolis

SUKABUMI — Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, menyebutkan selama 2022 lalu terdapat sebanyak 300 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) rampung dibangun.

Pembangunan tersebut, merupakan Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Adapun, perunitnya mendapatkan sebesar Rp15 juta.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah pada tahun lalu pembangunan sebanyak 300 unit RTLH sudah selesai terealisasi,” ungkap Kasi fungsional Tata Bangunan dan Perumahan, DPUTR Kota Sukabumi Yusup Chaery kepada Radar Sukabumi, Selasa (10/1).

Lanjut Yusuf, tim teknis DPUTR Kota Sukabumi dan tenaga fasilitator berkolaborasi dalam mewujudkan rumah tidak layak huni menjadi layak huni. Sehingga masyarakat dapat menempati rumahnya kembali dengan nyaman, aman, bersih dan sehat.

“Ya, sehingga tercipta keluarga yang mampu meningkatkan kembali taraf kehidupannya dan fokus untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” ujarnya.

Menurutnya, tidak sedikit warga yang merasa terbantu dengan program Pemkot Sukabumi yang fokus menjadikan program prioritas dalam RPJMD untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

“Program perbaikan rumah tidak layak huni, sejauh ini masih menyisakan sekitar 1.030 unit rumah lagi yang masih memerlukan bantuan,” cetusnya.

Selain itu, program perbaikan rumah yang terkena bencana sebanyak 22 unit dari anggaran APBD Kota melalui Dinas PUTR sedang dalam proses penyelesaian 100 persen.

“Pada tahun ini, Kota sukabumi mendapat bantuan Rutilahu Provinsi jabar sensual 145 unit untuk sembilan kelurahan masing Kelurahan mendapat kuota 15 sampai 20 unit per kelurahan. Hal tersebut, tentu saja mengurangi kembali jumlah RTLH,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait